Selain program perbaikan untuk iPhone X yang mengalami masalah dengan display module, Apple juga menghadirkan ‘SSD Service Program’ untuk pengguna MacBook Pro 2017 non Touch Bar.
Dikutip dari Apple Support, masalah ini berpotensi terjadi pada komputer MacBook Pro Retina Display non Touch Bar tahun 2017 dengan kapasitas SSD 128GB dan 256GB.
Masalah yang dimaksud adalah kehilangan data dan gagal akses ke kapasitas penyimpanan. Produk yang kemungkinan mendapatkan masalah ini adalah yang dijual sekitar Juni 2017 hingga Juni 2018.
Apple has determined that a limited number of 128GB and 256GB solid-state drives (SSD) used in 13-inch MacBook Pro (non Touch Bar) units have an issue that may result in data loss and failure of the drive. 13-inch MacBook Pro units with affected drives were sold between June 2017 and June 2018.Baca Juga:
- Kenapa Apple Menghapus Magsafe?
- LG UltraFine 5K Display, Monitor Terbaik untuk MacBook Pro Touch Bar
- Apple Rilis Program Perbaikan Keyboard untuk MacBook dan MacBook Pro
Agar informasi ini segera diterima, Apple akan mengirimkan email kepada para pengguna yang mendaftarkan produk tersebut sebagai pemberitahuan.
Bagi kamu yang menggunakan MacBook Pro dengan tipe tersebut (13-inch, 2017, Two Thunderbolt 3 ports), silakan masuk ke laman Apple SSD Service Program untuk mengecek serial number dari komputer tersebut.
Jika Serial Number kamu termasuk produk yang mendapatkan program perbaikan ini, silakan cadangkan data dari komputer Mac lalu bawa ke, buat janji dengan Apple Retail Store atau hubungi untuk saran perbaikan.
Proses perbaikan yang dilakukan adalah melakukan update firmware dari SSD yang digunakan, waktunya sekitar satu jam atau kurang. Setelah itu komputer kamu akan dikembalikan dengan macOS yang sudah diinstal ulang dan silakan lakukan Restore from Backup.
Berikut ini catatan tambahan yang diberikan oleh Apple:
- Program ini tidak memperpanjang garansi dari produk MacBook Pro 13 inci.
- Jika kamu yakin bahwa MacBook Pro 13 inci yang digunakan pernah mengalami masalah ini dan diminta membayar perbaikan, silakan hubungi Apple untuk pengembalian dana.
- Program ini mencakup model MacBook Pro yang terpengaruh selama 3 tahun, setelah penjualan ritel pertama unit tersebut.
Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone