Follow Us

‘Kluest’ Adalah Dunia Digital, Tempat Berkumpulnya Para Pencipta & Pemain

Alexius Aditya - Selasa, 13 November 2018 | 10:11
‘Kluest’ Adalah Dunia Digital, Tempat Berkumpulnya Para Pencipta & Pemain

Semakin hari, nampaknya teknologi augmented reality (AR) semakin sering diimplementasikan ke dalam bentuk video game. Namun ide ini bisa tersampaikan dalam batas game dari pengembang saja, bukan dari pemain sendiri. Pengembang Sons of a Bit mempunyai ide yang sedikit berbeda. Mereka berjanji untuk memperbolehkan pemain menjadi seorang pencipta konten melalui aplikasi yang telah mereka kembangkan bernama Kluest.

Kluest adalah ide unik yang baru, yang begitu kerennya sehingga membuat pemerintah Spanyol pun ikut mendukung ide tersebut dengan memberikan subsidi bantuan berupa dana.

Kluest menggunakan geolocation dan AR untuk membawa petualangan ke dunia nyata. Semua orang bisa membuat cerita petualangan atau jalan ceritanya sendiri, untuk kemudian dibagikan kepada publik, membuat game ini bisa dimainkan berapa kalipun kita inginkan. Kamu bisa menuntantaskan misimu untuk mencari harta karun tersembunyi, ataupun melindungi kota tercinta dari serangan monster raksasa yang siap menghancurkannya.

Game creator yang diberikan akan termasuk avatar, NPC, musuh, puzzle, teka-teki, perubahan objek, dan lainnya. Gabungkan semuanya dengan pilihan untuk mengganti suasana dan kondisi maka kamu bisa membuat segala macam game untuk sekadar bersenang-senang ataupun untuk edukasi. Atau bahkan, saya bisa membayangkan bagaimana sebuah iklan bisa menuntunmu ke arah lokasi bisnis tertentu.

Video trailer dibawah bisa memperlihatkan bagaimana Kluest bisa digunakan, dari mulai para sekumpulan orang yang berkumpul menjadi satu untuk mengalahkan musuh, atau petualangan seorang wanita mencari sebuah harta karun yang ternyata berujung kepada sebuah lamaran.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Baca Juga:

Kamu bisa bergabung dan mencoba Kluest tahap beta dengan mendaftar lewat laman situs resminya. Dengan mendaftar dan mengikuti program tersebut, kamu berkesempatan untuk dapat mengakses aplikasi Kluest jauh hari sebelum aplikasinya dirilis untuk publik, sehingga apapun yang kamu buat di dalamnya bisa diakses oleh seluruh dunia bertepatan dengan dirilisnya Kluest.

Sampai saat berita ini ditulis sayangnya pengembang masih belum bisa memberikan pernyataan resmi tentang kapan Kluest akan dirilis ke publik. Namun saya akan terus memantau perkembangan Kluest untuk ke depannya. Jadi pantau terus update berita berikutnya di MakeMac ya!

Ajak Si Kecil Bermain Sambil Belajar Lewat 8 Game Ini


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya

Latest