Follow Us

(Video) Mengenal Desainer Ikon Emoji Pertama di iOS

Bagus Hernawan - Senin, 12 November 2018 | 15:11
(Video) Mengenal Desainer Ikon Emoji Pertama di iOS

Emoji, siapa yang tidak kenal? Semua pengguna perangkat iPhone pasti pernah menggunakan Emoji untuk berkirim pesan atau menggunakannya di sosial media.

Namun tahukah kamu sejarah dari Emoji di perangkat iOS? Siapa yang membuatnya dan bagaimana saja jalan panjang di belakangnya?

Emoji dibuat oleh Angela Guzman, seorang anak magang di Apple yang mulai bekerja di tahun 2008, setahun setelah iPhone pertama kali rilis. Dibantu oleh seniornya Raymon Sepulveda, mereka berdua membuat 500 Emoji pertama yang ditujukan untuk pangsa pasar Jepang.

Hingga akhirnya pada tahun 2011, Emoji Keyboard tersedia untuk pasaran Amerika Serikat dan semua pengguna perangkat iPhone di dunia. Dalam video yang dibagikan CNBC, Angela Guzman berbagi beberapa hal nostalgia saat menciptakan Emoji.

Baca Juga:

Mulai dari riset pertama Emoji, karakter yang harus dibuat, detail warna dan garis yang selalu dibuat sangat berkualitas dan lain sebagainya. Mendiang Steve Jobs juga sempat memuji Emoji yang dibuat oleh Angela Guzman dan timnya.

Angela Guzman juga menjelaskan bahwa Emoji paling rumit yang pernah dia kerjakan adalah cincin. Diperlukan waktu 3 hari, maksimal hingga 8 jam setiap harinya untuk membuat 1 Emoji tersebut. Dia memikirkan bagaimana detail berlian yang harus tampak selalu bersinar.

Puncak kesuksesan dan popularitas Emoji ada di tahun 2015, tepatnya dari Oxford Dictionaries yang memberikan penghargaan “Word” of the Year 2015 untuk karakter emoji face with tears of joy (????).

Kini Angela Guzman sudah tidak bekerja di Apple. Dia menjadi karyawan Google tepatnya pimpinan bagian desain. Kamu bisa menyimak video lengkapnya berikut ini.

Apakah kamu sering menggunakan Emoji? Coba sebutkan Emoji yang paling sering kamu gunakan ya!

Update iOS 12.1 Hadirkan Group FaceTime, 70 Emoji Baru dan Dukungan eSIM

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest