Follow Us

Cara Kalibrasi Baterai iPhone dan Melihat Cycle Count

Bagus Hernawan - Selasa, 04 Desember 2018 | 15:08
Cara Kalibrasi Baterai iPhone dan Melihat Cycle Count

Perangkat portabel dari Apple dibuat dengan baterai Lithium-ion yang terkadang memerlukan kalibrasi. Apa saja yang harus kamu tahu tentang kalibrasi baterai iPhone, langkah-langkahnya dan apa itu Cycle Count?

Dalam artikel ini tim MakeMac akan berbagi panduan untuk melakukan kalibrasi batera iPhone yang dapat kamu lakukan jika diperlukan. Simak info lengkapnya.

Apa Itu Kalibrasi?

Kalibrasi baterai adalah proses untuk mengkondisikan ulang baterai seperti saat masih baru dan membuat sistem operasi dapat membaca kapasitas baterai seperti seharusnya.

Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa kalibrasi diperlukan setiap beberapa bulan sekali, setelah upgrade iOS atau jika kamu merasakan ada yang aneh dengan performa baterai.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone

Secara sederhana, cara kalibrasi baterai iPhone hanya seperti menguras bak mandi, kembali mengisinya hingga penuh, dan siap digunakan. Ya, semudah itu.

Berikut ini panduan untuk melakukan kalibrasi baterai iPhone:

  1. Gunakan iPhone seperti biasa, habiskan baterainya hingga perangkat mati secara otomatis.
  2. Diamkan iPhone dengan baterai yang kosong selama minimal 2 jam. Langkah ini dilakukan untuk memastikan semua listrik sudah berhenti, baterai dalam kondisi kosong dan dingin.
  3. Hubungkan perangkat iPhone ke kabel data dan power adapter untuk mengisi baterai.
  4. Perangkat iPhone akan menyala otomatis saat pengisian baterai. Usahakan untuk tidak menggunakan perangkat selama pengisian baterai hingga 1 jam setelah mencapai 100%.
Sayangnya Apple tidak punya tampilan atau keterangan bahwa kamu berhasil melakukan kalibrasi baterai iPhone.

Jika sudah melakukan panduan kalibrasi baterai iPhone di atas dan kamu masih merasa ada hal yang aneh di baterai iPhone tersebut, silakan bawa ke Apple Store atau Apple Authorized Service untuk dicek lebih lanjut.

Baca Juga:

Apa Itu Cycle Count Baterai?

Sebuah Cycle Count atau siklus pengisian baterai dihitung dari kondisi baterai habis (0%) hingga diisi ulang sampai penuh (100%).

Contoh kasus lain adalah mengisi baterai di perangkat iPhone dari kondisi 50% hingga 100%, lalu dicabut. Setelah itu digunakan lagi hingga 50% lalu disisi ulang kembali hingga 100%, itu artinya 1 Cycle Count telah dilakukan.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular