Follow Us

Efek Perang Dagang, Foxconn Pindah Pabrik iPhone di Tiongkok ke Vietnam?

Bagus Hernawan - Rabu, 05 Desember 2018 | 16:17
Pabrik perakitan iPhone. Images by Apple Newsroom
https://www.apple.com/newsroom/2018/03/apple-releases-12th-annual-supplier-responsibility-progress-report/

Pabrik perakitan iPhone. Images by Apple Newsroom

Foxconn adalah salah satu rantai pemasok terbesar untuk Apple, khususnya produk iPhone. Selama ini pabrik terbesar mereka ada di Tiongkok.

Namun beberapa waktu lalu, isu panas dari Amerika Serikat dan Tiongkok mengenai perang dagang dan rencana memberikan pajak tambahan, membuat Foxconn mulai khawatir.

Dikutip dari 9To5Mac, kabarnya Foxconn sedang melakukan diskusi untuk membangun pabrik baru mereka di Vietnam. Diskusi ini mereka lakukan dengan Komite Rakyat Hanoi.

…Vietnamese state media are reporting Foxconn and the Hanoi People’s Committee are in active discussions to set up an iPhone factory.

Baca Juga:

Membuat pabrik baru di Vietnam dengan skala besar merupakan tantangan berat untuk Foxconn. Beberapa kendala yang akan ditemukan adalah infrastruktur yang lebih kecil dan terbatas serta tenaga kerja di negara tersebut.

Sebetulnya selain di Tiongkok dan dipegang Foxconn, pabrik perakit iPhone juga ada di beberapa negara lain dan rantai pemasok tambahan.

Beberapa diantaranya adalah Pegatron di Shenzhen dan Shanghai. Pabrik perakitan iPhone lainnya dengan jumlah lebih kecil juga ada di Brasil dan India, digunakan Apple untuk mengikuti aturan dari negara tersebut.

Langkah yang diambil Foxconn masih berupa persiapan jika perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok semakin panas dan menghasilkan aturan baru. Yaitu penambahan biaya masuk barang dari Tiongkok ke AS, termasuk perangkat iPhone.

Daripada Apple menghentikan kerjasama mereka dengan Foxconn, rencana untuk membuat pabrik baru di luar Tiongkok akan menjadi langkah yang paling masuk akal untuk mereka persiapkan.

Editor : Bagus Hernawan

Latest