Spotify telah merilis laporan keuangan di kuartal terbaru yaitu Q4 2018.
Dari catatan yang diberikan, Gross Profit mereka meningkat 42% jika dibandingkan laporan dari tahun ke tahun.
Sedangkan untuk jumlah pelanggan Spotify Premium, layanan ini sudah mencatat 96 juta pelanggan Premium, meningkat 36% dibandingkan tahun sebelumnya.
Lanjut untuk Monthly Active Users, Spotify mencatat 207 juta bulan.
Pertumbuhan terbesar ini terjadi sejak Spotify membuat promosi di akhir tahun 2018 untuk pengguna di Amerika Serikat.
Yaitu promo bundling Spotify Premium untuk paket keluarga dan mendapatkan produk Google Home Mini secara gratis.
Premium Subscribers reached 96 million, up 36% Y/Y, hitting the high end of our guidance range of 93–96 million. Outperformance was largely attributable to better than expected intake from our Google Home promotion and annual Holiday campaign.Baca Juga: Spotify Bahas Rencana Akuisisi Gimlet dengan Nilai $200 Juta
Dalam masa promosi selama 6 minggu, Spotify mencatat pertumbuhan 7 juta pengguna Spotify Premium.
Salah satu rekor paling tinggi adalah pertumbuhan pengguna Premium sebanyak 500 ribu akun dalam satu hari di bulan Desember.
Promosi besar berikutnya yang diberikan oleh Spotify dan dipercaya membuat lonjakan pengguna adalah kampanye “Spotify Wrapped” di akhir tahun 2018.
Dalam kampanye tersebut ada 28 juta pengguna yang mengakses ke laman spotifywrapped.com dalam sepekan. Angka ini meningkat dari data tahun lalu yang mencatat 20 juga pengguna.
Sebagai pesaingnya, Apple Music masih berada di kisaran 50 juta pelanggan Apple Music.