Fitur IGTV sudah berumur setahun dan masih terus mendapatkan perubahan secara berkala.
Dalam catatan terbaru yang dibagikan Tech Crunch, mereka menganalisa bahwa IGTV terbaru telah menggunakan algoritma mirip dengan TikTok dan desain dari Snapchat.
Secara detail, algoritma yang dimaksud adalah menghapus tampilan mode rekomendasi For You, Following, Popular dan Continue Watching di IGTV.
IGTV has ditched its category-based navigation system’s tabs like “For You”, “Following”, “Popular”, and “Continue Watching” for just one central feed of algorithmically suggested videos — much like TikTokBaca Juga: Setelah 2 Tahun Diuji, Instagram Segera Hapus Aplikasi Direct
Kini IGTV menggantikan bagian tersebut dengan feed utama yang menggunakan rekomendasi tontonan berdasarkan jenis video yang paling sering kamu tonton.
Desain ini mirip dengan yang digunakan oleh TikTok yaitu mengusung tampilan yang tetap sederhana.
Sedangkan untuk desain dari Snapchat, IGTV menghapus mode scroll secara horisontal dan membuat video dalam mode layar tegak hanya tampil di setengah layar bagian atas.
Sekarang kamu akan menggunakan mode scroll vertikal dengan tampilan mirip Snapchat pada bagian Discover.
Meskipun mencontek TikTok, sebetulnya IGTV punya fokus konten video yang sedikit berbeda.
Di IGTV, pengguna akan disuguhkan dengan konten video berdurasi beberapa menit dan cocok untuk disimak dalam waktu senggang yang cukup.
Sedangkan TikTok, menggunakan durasi video sangat singkat yaitu beberapa detik saja. Kamu bisa swipe ke video berikutnya jika konten dari TikTok terasa membosankan.
Namun di IGTV, durasi video memang lebih lama dan memerlukan waktu yang sedikit lebih panjang untuk mendapatkan poin utamanya.
Bagaimana pendapat kamu mengenai IGTV yang terus mencontek desain dan algoritma dari para kompetitornya? Bagikan di kolom komentar ya!