Follow Us

Pemerintah Indonesia Batasi Akses WhatsApp dan Instagram untuk Sementara

Bagus Hernawan - Rabu, 22 Mei 2019 | 14:14
Pemerintah Indonesia Batasi Akses WhatsApp dan Instagram untuk Sementara

Siang ini sejumlah pengguna Twitter di Indonesia mengeluhkan bahwa aplikasi WhatsApp dan Instagram sedang down atau tidak dapat digunakan.

Beberapa Sahabat MakeMac juga menambahkan bahwa hanya fitur kirim media seperti gambar dan video yang tidak dapat berfungsi. Contohnya di aplikasi WhatsApp Messenger.

Hal ini sontak membuat tagar #instagramdown , #whatsappdown dan #instagramdown menjadi ramai digaungkan di Twitter.

Hingga artikel ini dibagikan, pihak Facebook selaku pemilik Instagram dan WhatsApp belum memberikan konfirmasi apapun.

Namun dari penelusuran yang tim MakeMac lakukan, kabarnya sejumlah sosial media di Indonesia sedang dibatasi aksesnya oleh pemerintah. Hal ini terkait dengan kerusuhan 22 Mei 2019 yang terjadi di Jakarta, tepatnya di sekitar kantor Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) sejak tadi malam hingga siang ini.

Sesuai dengan cuitan sejumlah pengguna Twitter di atas, kabarnya kendala akses WhatsApp, Instagram dan Facebook adalah permintaan pemerintah. Yaitu Menkopolhukan yang bekerja sama dengan Menkominfo.

Berita tersebut disiarkan secara langsung di stasiun televisi beberapa menit lalu dan belum ada press release yang dapat tim MakeMac bagikan.

Sepertinya hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran berita palsu alias hoax ke sosial media atau aplikasi messenger yang biasa digunakan di Indonesia.

Apakah kamu juga mengalami kendala akses aplikasi sosial media dan messenger? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Latest