Follow Us

Foxconn Siap Membantu Apple Menghindari Masalah Perang Dagang

Bagus Hernawan - Rabu, 12 Juni 2019 | 16:31
iPhone XS

iPhone XS

Perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok masih terus memanas. Salah satu pihak yang bisa terkena imbasnya adalah Apple yang masih banyak bekerja sama dengan perakit iPhone di Tiongkok, salah satunya Foxconn

Namun baru-baru ini salah satu petinggi Foxconn mengatakan bahwa mereka sudah punya fasilitas produksi yang cukup di luar Tiongkok, untuk memenuhi pemesanan iPhone ke Amerika Serikat.

Sehingga Apple tidak perlu khawatir jika harus memesan perangkat iPhone dari Foxconn dan tidak ingin terkena imbas perang dagang dan terkena pajak tambahan.

Hal ini disampaikan oleh Young Liu, petinggi di divisi semiconductor untuk Foxconn.

“Twenty-five percent of our production capacity is outside of China,” he said, “and we can help Apple respond to its needs in the US market. We have enough capacity to meet Apple’s demand.”

Baca Juga: Resmi, Pegatron Investasi $1 Miliar untuk Merakit Chip iPhone di Indonesia

Namun hingga berita ini dibagikan, Apple belum punya perintah khusus seperti penjelasan di atas.

Jika memang diminta oleh Apple, pihak Foxconn dapat dengan cepat mengubah penggunaan fasilitas di beberapa negara untuk membantu Apple menghindari masalah perang dagang AS - Tiongkok.

Sebelumnya pihak Foxconn diketahui sedang mencari tempat baru untuk pabrik mereka di Vietnam atau India.

Sedangkan di sisi lain, pabrikan Pegatron resmi memberikan investasi ke Indonesia untuk menjadi tempat merakit chip iPhone dalam waktu dekat.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest