Follow Us

Mengenal Proses Kerja App Review, Pengambil Keputusan Konten App Store

Bagus Hernawan - Senin, 24 Juni 2019 | 10:30
App Store

App Store

Mungkin kamu tidak sadar bahwa konten aplikasi dan games di App Store selalu terkurasi dengan baik dan akurat.

Hal ini bisa terjadi karena Apple sangat serius dalam melakukan filterisasi aplikasi dan games yang didaftarkan ke App Store, baik untuk iOS, watchOS, tvOS atau macOS.

Sebelum resmi tampil di App Store, ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk menguji standar kelayakan dan memenuhi peraturan yang ada di Apple.

CNBC membagikan catatan mengenai tim App Review yang bertugas sebagai pengambil keputusan untuk konten di App Store.

Mengenal Tim App Review

Tim App Review bertugas untuk melakukan pengecekan dari aplikasi yang sudah didaftarkan untuk rilis di App Store oleh para pengembang di Apple Developer.

Karyawan di divisi ini bekerja dengan gaji yang dihitung berdasarkan jam kerja. CNBC juga menjelaskan bahwa tim App Review punya tanda pengenal karyawan resmi Apple, mendapatkan asuransi kesehatan dan lain sebagainya.

Proses kerjanya adalah melihat konten aplikasi dan games lewat web portal di perangkat komputer Mac, dikenal dengan nama App Claim.

Terkadang mereka juga harus menggunakan perangkat iPad untuk mencoba aplikasi tersebut secara langsung.

Beberapa aplikasi yang hanya mendukung iPhone juga dibuat untuk dapat berjalan di perangkat iPad demi mempemudah proses pengujian.

Proses pengujian dasar yang diperlukan adalah memastikan aplikasi bisa dibuka dan diakses secara lancar. Selain itu aplikasi di App Store juga harus memenuhi standar App Store Guidelines dan tidak mengandung konten serta kegiatan ilegal.

Nantinya setelah karyawan di tim App Review naik jabatan menjadi senior, jenis aplikasi yang diuji bisa bertambah kompleks. Misalkan aplikasi dengan fitur in-app purchase, aplikasi di watchOS, tvOS dan beberapa lainnya.

Setiap harinya, seorang karyawan di tim App Review punya tugas untuk memastikan 50–100 aplikasi yang akan masuk ke App Store.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular