Follow Us

Penjualan iPhone Lesu, Apple Harus Bayar Denda $170 Juta ke Samsung

Wahyu Prihastomo - Kamis, 27 Juni 2019 | 12:05
iPhone X

iPhone X

Apple dan Samsung, dua perusahaan teknologi raksasa ini memang beberapa tahun belakangan telah menjalin kerja sama.

Di seri iPhone terbaru, yaitu iPhone X dan saudara-saudaranya, Apple menggunakan panel layar OLED. Panel layar yang diproduksi oleh Samsung.

Dalam perjanjian kerja sama tersebut, terdapat kesepakatan yang menharuskan Apple untuk memesan layar OLED dalam jumlah tertentu.

Jumlah tersebut harus dipenuhi dan amat bergantung pada jumlah iPhone yang terjual.

Baca Juga: Desain Apple Store Sanggup Dongkrak Penjualan Secara Offline

Sayangnya, dalam beberapa bulan terakhir angka penjualan iPhone semakin menurun. Hal ini menyebabkan Apple gagal memenuhi target pemesanan kepada Samsung.

Sesuai perjanjian pula, Appel diharuskan membayar pinalti dengan angka yang cukup fantastis, $170 juta.

Bahkan menurut ETNews, angka ini masih bisa terus bertambah mengingat jangka waktu perjanjian masih terus berjalan.

According to ETNews, an outlet with a good track record when it comes to insider Apple news, Apple reportedly may owe Samsung Display “hundreds of billions of won” in penalties for not buying OLED displays at the agreed level. The penalty goes back to Apple’s insistence that Samsung Display build a facility to exclusively manufacture OLED displays for the iPhone. Apple had told Samsung Display it would need 100 million OLED iPhone displays a year. But a slump in iPhone sales had a knock-on effect for Samsung Display, which saw its operating profits halve in a year, falling from 5.7 trillion won in 2017 to 2.62 trillion won in 2018.

Baca Juga: Apple Berencana Gunakan Panel OLED Samsung untuk iPad & MacBook

Belakangan dikabarkan kalau Apple akan membayar denda ini dalam bentuk lain, yaitu pesanan OLED untuk produk lain.

Beberapa hari yang lalu Apple sempat dilaporkan sedang dalam tahap negosiasi terhadap Samsung dalam permintaan produksi OLED untuk produk tablet dan laptop.

Hal ini dilakukan Apple sebagai salah satu cara menutupi kekurangan kuantitas layar iPhone yang produksinya terus menurun.

Kabar ini juga mengarah kepada produk iPad Pro dan MacBook Pro terbaru dengan layar OLED yang mungkin akan dirilis pada tahun 2020 nanti.

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

Latest