Follow Us

Apple Bagikan Security Update Diam-Diam, Tutup Celah Keamanan Zoom

Bagus Hernawan - Rabu, 17 Juli 2019 | 15:00
Apple Bagikan Security Update Diam-Diam, Tutup Celah Keamanan Zoom

Apple kembali membagikan Security Update untuk para pengguna Mac untuk menutup celah keamanan aplikasi Zoom.

Security Update ini dibagikan secara diam-diam dan otomatis untuk semua perangkat komputer Mac.

Dikutip dari The Verge, Apple mengabarkan bahwa Security Update ini dibuat untuk menutup celah web server di aplikasi RingCentral dan Zhumu.

Keduanya menggunakan teknologi yang sama dengan Zoom karena merupakan aplikasi white label – aplikasi pesanan khusus untuk digunakan klien korporat atau sejenisnya.

Dengan Security Update yang dibagikan Apple, aplikasi tersebut tidak dapat menginstal perangkat lunak tambahan yang dapat menyebabkan celah keamanan dalam akses kamera di perangkat Mac.

These video conferencing apps both used technology from Zoom — they’re essentially white labels — and thus they also had Zoom’s security flaws. Specifically, they installed secondary pieces of software that could take commands from websites to open up your webcam in a video conference without your intervention.

Baca Juga: Bergerak Cepat, Zoom Tutup Web Server Mac Untuk Hindari Penyadapan

Bagi kamu yang belum tahu, Zoom adalah aplikasi panggilan video yang biasa digunakan untuk rapat berbasis panggila video atau video call.

Aplikasi ini fokus pada kemudahan penggunaan yaitu membuat pengguna bisa melakukan panggilan telepon lewat internet dengan beberapa langkah saja.

Namun ternyata di balik kemudahan langkah yang diberikan, Zoom punya celah keamanan berupa akses web server yang dibuat dan bisa bocor ke website lain saat diuji oleh pakar keamanan.

Zoom memang dengan cepat memberikan Patch untuk menutup celah keamanan tersebut.

Namun dalam pengujiannya, celah keamanan ini bisa tetap berjalan meskipun aplikasi Zoom sudah dihapus oleh pengguna.

Karena alasan tersebut, akhirnya Apple ikut mengambil tindakan dengan membagikan Security Update.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest