Follow Us

Aktivasi iMessage dan Facetime Operator XL Akhirnya Kembali Normal

Bagus Hernawan - Kamis, 25 Juli 2019 | 08:33
iMessage

iMessage

Bulan April 2019 lalu, pengguna operator XL dan Telkomsel di Indonesia tidak bisa melakukan aktivasi iMessage dan FaceTime.

Hal ini terjadi pada pengguna yang beberapa waktu sebelumnya sempat mengganti sim card di perangkat iPhone, misalnya saat liburan keluar negeri.

Begitu kembali ke Indonesia, mereka tidak dapat melakukan aktivasi iMessage dan Facetime dengan nomor ponsel dari provider XL Axiata.

Namun mulai hari ini (25 Juli 2019), tim MakeMac sudah mendapatkan beberapa laporan dari para pengguna XL Axiata bahwa problem aktivasi iMessage dan Facetime sudah teratasi.

Informasi ini pertama kali dibagikan oleh akun Twitter @idiphone yang juga mengamati kasus ini sejak beberapa bulan terakhir.

Baca Juga: Masalah Aktivasi iMessage & FaceTime di Operator Telkomsel dan XL

Saat dihubungi lebih lanjut, tim @idiphone menjelaskan bahwa masalah aktivasi iMessage dan Facetime dengan nomor ponsel provider XL Axiata mendadak dapat dilakukan sejak pagi ini.

Jika kamu termasuk pengguna provider XL Axiata yang masih mengalami kendala aktivasi iMessage dan Facetime, silakan coba langkah berikut ini:

  • Jika di pengaturan iMessage dan Facetime masih tampil nomor yang sebelumnya kamu gunakan saat di luar negeri, silakan lakukan pengaturan Erase All Settings dari bagian Settings - General - Reset.
  • Aktifkan Airplane Mode selama beberapa saat dan kembali matikan, langkah ini digunakan untuk memancing tampilan permintaan aktivasi iMessage dan Facetime. Tekan OK saat tampilan ini hadir di layar.
  • Pastikan nomor kamu memiliki pulsa yang cukup untuk melakukan aktivasi iMessage dan Facetime karena proses ini memerlukan 1x pengiriman SMS luar negeri (sekitar seribu Rupiah).
Sebagai tambahan, masalah yang sama masih terjadi di provider Telkomsel untuk saat ini.

Bahkan jika melihat laman Apple Support di bagian Wireless Carrier Support untuk perangkat iPhone di regional Indonesia, hanya provider Smartfren yang sudah bekerja sama secara penuh.

Semoga perbaikan masalah aktivasi iMessage dan Facetime untuk pengguna Telkomsel atau operator lainnya dapat segera teratasi dalam waktu dekat.

Apakah kamu termasuk pengguna XL Axiata dan sudah berhasil melakukan aktivasi iMessage dan Facetime? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest