Follow Us

iPad Mini Mampu Tingkatkan Pangsa Pasar Tablet di Sejumlah Wilayah

Wahyu Prihastomo - Jumat, 13 September 2019 | 13:29
iPad Mini Mampu Tingkatkan Pangsa Pasar Tablet di Sejumlah Wilayah

iPad Mini Mampu Tingkatkan Pangsa Pasar Tablet di Sejumlah Wilayah

Meskipun terlihat jalan di tempat, namun kenyataannya penjualan produk iPad di wilayah Europe, Middle East, dan Africa (EMEA) terus bertumbuh.

IDC melaporkan bahwa pangsa pasar tablet di wilayah EMEA tumbuh dari 21.9% pada Q2 2018, menjadi 25,1% pada Q2 tahun ini.

Menariknya, IDC juga mengungkapkan kalau salah satu faktor penyebab meingkatnya pangsa pasar tablet di wilayah ini adalah produk iPad Mini.

Walaupun iPad Mini bisa dibilang belum membawa beberapa fitur unggulan seperti Face ID, produk ini nyatanya masih diminati oleh pengguna yang mencari tablet dengan fungsi sederhana.

Mengutip 9to5Mac, rata pengguna iPad Mini datang dari kalangan pebisnis layanan jasa yang umumnya hanya menggunakan iPad sebagai alat penyimpanan dokumen.

Baca Juga: Apple Resmi Potong Harga Jual iPad Pro 1TB Sampai $200

Sayangnya, keberhasilan iPad Mini di wilayah EMEA ini masih belum mampu mendongkrak pendapatan Apple dari sektor ini secara menyeluruh.

Apple retained market leadership in EMEA, with the help of a buoyant detachable quarter and the resurrection of the mini. Samsung declined but continues to push its higher-end Android tablets across the region, highlighting its greater focus on profitability. Huawei contracted as the shockwaves from the ban in the U.S. intensified in Q2 and had a negative impact on the brand’s consumer confidence, particularly in Western Europe. Huawei held on to third place, however, and gained leadership in the CEMA region. Lenovo, continuing to shift its focus from tablets, posted another sharp decrease.

Bahkan pada Q2 tahun ini penjualan produk tablet Apple mengalami penurunan sampai 11,7%.

Untungnya, beberapa pesaing Apple di sektor ini juga mengalami tren yang negatif.

Misalnya Samsung yang penjualannya menurun sekitar 13,4%, Lenovo yang menurun 13,2%, serta Huawei yang juga mengalami penurunan hingga 19,6%.

Saat ini Apple sedang berusaha menggenjot penjualan produk dari sektor ini.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest