Follow Us

Sertifikat Software Update Habis, Installer macOS Lawas Harus Diunduh Ulang

Bagus Hernawan - Senin, 28 Oktober 2019 | 13:57
macOS High Sierra

macOS High Sierra

Apakah kamu masih menyimpan Installer macOS versi lawas seperti macOS Sierra, macOS High Sierra atau lainnya?

Jika dalam waktu dekat kamu berencana menggunakan Installer atau Bootable Installer tersebut, mungkin kamu akan menemukan kendala gagal instal.

Hal ini terjadi karena Apple sudah mengatur Software Update Certification atau sertifikasi untuk dapat menggunakan installer tersebut telah habis pada tanggal 24 Oktober 2019 (via Apple Insider).

Solusinya, Apple memperingatkan pengguna untuk kembali mengunduh macOS Installer yang diperlukan pada laman Apple Support.

In certain circumstances, such as when an installer is damaged, you’ll see an alert that says the application can’t be verified and may have been corrupted or tampered with during downloading. Or it says that the package was signed with a certificate that has expired and may not be authentic.

You should download the installer again. If the new installer is also affected, please contact the maker of the software for help.

Baca Juga: Cara Membuat Bootable Installer Mojave di USB & Hard Drive Eksternal

Dalam laman Apple Support berikut ini, ada beberapa tautan untuk mengunduh sejumlah macOS versi sebelumnya yang sudah mendapatkan pembaruan Software Update Certification.

Mulai dari Mojave, High Sierra, Sierra, El Capitan dan Yosemite, semuanya dapat kamu unduh dan gunakan suatu saat jika diperlukan.

Sehingga bagi kamu yang saat ini punya koleksi USB Bootable Installer untuk macOS, silakan hapus dan buat ulang menggunakan versi terbaru dengan Software Update Certification yang telah diperpanjang.

Namun sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan trik untuk mengganti pengaturan Date & Time di perangkat macOS agar tetap bisa menggunakan macOS Installer dengan sertifikat yang sudah habis.

Panduan untuk menggunakan macOS Installer dengan Software Update Certification yang sudah tidak berlaku dapat kamu simak di laman Medium berikut ini.

Thanks, Paul!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest