Follow Us

Twitter Rilis Fitur Sembunyikan Balasan untuk Pengguna Umum

Bagus Hernawan - Senin, 25 November 2019 | 10:31
Hide Replies di Twitter

Hide Replies di Twitter

Awal April 2019 lalu, Twitter merilis fitur uji coba bernama Hide Replies atau sembunyikan balasan dalam mode percakapan.

Kini fitur tersebut sudah dibagikan untuk pengguna umum secara internasional.

Dibagikan oleh Twitter Indonesia, kehadiran mode sembunyikan balasan dalam mode percakapan bertujuan untuk memberikan kendali lebih besar kepada pemilik percakapan dan mencegah penggiringan opini.

Secara singkat, fitur ini bekerja dengan cara menyembunyikan balasan dari sebuah percakapan oleh pemilik percakapan atau disebut sebagai inisiator.

Tujuannya adalah memberikan kendali lebih besar kepada sebuah percakapan yang sedang berlangsung dan seluruh percakapan masih bisa dilihat oleh pengguna lain.

Baca Juga: Twitter Mendukung Fitur Two-Factor Authentication Tanpa Nomor Ponsel

Bagaimana cara menggunakan mode sembunyikan balasan di percakapan?

Mudah saja, kamu tinggal masuk ke Tweet yang kamu buat dan cari balasan mana yang ingin disembunyikan.

Setelah itu tekan ikon garis panah ke bawah dan pilih Hide Replies.

Di sisi pengguna lain yang melihat daftar balasan pada Tweet kamu, akan tampiln keterangan bahwa ada balasan yang disembunyikan.

Pengguna tersebut bisa memilih untuk melihat semua balasan atau melihat balasan yang tidak termasuk Hide Replies saja.

Masih dari catatan Twitter, berikut ini sejumlah temuan mereka sepanjang pengujian fitur Hide Replies:

  • Banyak pengguna menyembunyikan balasan cuitan yang tidak relevan, off-topic, atau mengganggu.
  • Fitur ini adalah cara terbaru untuk meredam balasan yang mengganggu; 85% pengguna yang menyembunyikan balasan tidak menggunakan fitur blok atau bisukan.
  • Pengguna ingin mengetahui apa yang akan dilakukan oleh para figur publik seperti politisi dan jurnalis dengan fitur ini. Sejauh ini, mereka tidak terlalu sering menggunakan fitur baru ini.
  • Di Kanada; 27% pengguna yang cuitan balasannya disembunyikan oleh inisiator percakapan mengatakan, bahwa mereka akan mempertimbangkan kembali cara mereka berinteraksi dengan orang lain ke depannya. Selain itu, fitur ini juga dianggap berguna untuk mengelola apa yang ingin mereka lihat, seperti halnya dengan kata yang dibisukan.
  • Kami mencatat, bahwa mereka yang menyembunyikan balasan mungkin ingin mengambil langkah selanjutnya, dan kami akan terus mempelajari apakah mereka akan memblokir orang-orang yang membalas cuitan mereka.
  • Beberapa pengguna menyebutkan, bahwa mereka tidak akan menyembunyikan balasan karena khawatir menjadi bumerang bagi mereka - karena ikon tersebut akan terlihat untuk umum. Twitter akan terus mempelajari masukan ini.
  • Ini adalah beberapa temuan awal dan kami akan terus mempelajari perkembangan fitur ini seiring dengan semakin banyak orang menggunakannya.
Apakah kamu tertarik mencoba fitur Hide Replies? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest