Follow Us

Aplikasi Edison Mail Dianggap Mengintip Inbox Pengguna dan Jual Data

Bagus Hernawan - Selasa, 11 Februari 2020 | 15:28
Edison Mail

Edison Mail

Motherboard memberikan sebuah laporan bahwa ada beberapa aplikasi akses email dari pengembang pihak ketiga yang diketahui mengambil data pribadi pengguna.

Beberapa contoh aplikasi yang disebutkan adalah Edison Mail, Cleanfox dan Slice.

Bahkan yang menjadi fokus utama dari pembahasan laporan Motherboard adalah Edison Mail.

Karena aplikasi akses email dari pengembang pihak ketiga ini sangat populer di App Store.

Edison Mail disebut masuk dalam 100 aplikasi produktivitas paling banyak diunduh oleh pengguna iPhone atau iPad.

The popular Edison email app, which is in the top 100 productivity apps on the Apple app store, scrapes users’ email inboxes and sells products based off that information to clients in the finance, travel, and e-Commerce sectors

Baca Juga: Curi Data Rahasia, Tesla Minta Data iCloud Mantan Karyawannya ke Apple

Menurut dokumen dari analis J.P. Morgan, data dari Edison Mail diambil dari Inbox atau pesan email yang masuk milik para pengguna aplikasi ini.

Data tersebut digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang finansial, travel dan e-commerce. Tujuannya adalah meningkatkan penjualan dan mempelajari kebiasaan para calon pembeli.

Pihak Edison juga menjelaskan bahwa fitur ini memang dijelaskan ada di layanan mereka dan sudah dijelaskan pada persetujuan penggunaan awal.

Namun banyak pengguna yang tidak memahami akan kehadiran fitur yang terhubung ke teknologi Edison Trends tersebut.

Bahkan sebetulnya ada pengaturan yang dapat dilakukan untuk mematikan penggunaan Edison Trends di akun pengguna jika diamati lebih jauh.

To keep our Edison Mail app free, and to protect your privacy by rejecting an advertising-based business model, our company Edison Software, measures e-commerce through a technology that automatically recognizes commercial emails and extracts anonymous purchase information from them. Our technology is designed to ignore personal and work email, which does not help us measure market trends.

Penjelasan lebih lengkap untuk informasi yang diberikan oleh Edison Mail dapat kamu akses di laman berikut ini.

Bagaimana tanggapan kamu mengenai Edison Mail yang diduga membaca dan menjual data pengguna? Bagikan di kolom komentar ya.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest