Follow Us

(Rumor) iOS 14 Siapkan Fitur Coba Aplikasi Tanpa Diunduh

Bagus Hernawan - Jumat, 10 April 2020 | 13:55
App Store di iOS 13 dan Mac App Store

App Store di iOS 13 dan Mac App Store

Apple kabarnya sedang mengerjakan sebuah fitur baru di iOS 14 yang dapat membuat kamu mengakses aplikasi pihak ketiga tanpa diunduh.

Metodenya adalah menggunakan QR Code yang dapat kamu pindai dengan kamera di iPhone. Setelah itu iOS 14 akan membuka Safari dan menjalankan sub fitur dari aplikasi pihak ketiga tersebut.

Dikutip dari 9To5Mac, kode program iOS 14 yang mereka dapatkan mengindikasikan nama API Clips untuk fitur tersebut.

If you open a link or scan a QR code today from an app that you haven’t installed on your iPhone or iPad, it will open that link in Safari. Apps can provide universal links, which open the app instead of Safari when the app is installed. But that could change in the near future with a new API internally referred to as “Clips” found on iOS 14 code.

Baca Juga: Bocoran Tampilan Pengaturan Wallpaper dan Widget Baru di iOS 14

Dengan API Clips, pengembang dapat menentukan fitur dan konten interaktif apa saja yang dapat berjalan lewat Safari tanpa perlu unduh aplikasinya.

Disebutkan juga bahwa di tampilan tersebut akan hadir tombol untuk mengajak pengguna melakukan instal aplikasi jika ingin menikmati konten lain secara lebih lengkap.

Sebagai tambahan, sistem operasi Android sudah punya fitur serupa bernama Slices.

Fitur tersebut dihubungkan dengan Google Search dan Google Assistant untuk membuat integrasinya.

Mungkin Apple juga akan menghubungkan API Clips ke Spotlight, namun hingga kini belum ada penjelasan untuk bagian tersebut.

Bagaimana pendapat kamu mengenai bocoran fitur baru di iOS 14? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest