Follow Us

Apple dan Google Kerjasama Teknologi Pelacakan Kontak untuk Memperlambat COVID-19

Bagus Hernawan - Sabtu, 11 April 2020 | 09:06
Apple dan Google

Apple dan Google

Apple dan Google resmi mengumumkan kerjasama untuk membuat teknologi contact tracing atau pelacakan kontak demi mengidentifikasi dan mencegah penyebaran COVID–19 di dunia.

Sistem ini akan menggunakan teknologi Bluetooth untuk membantu pemerintah dan lembaga kesehatan dalam hal mengurangi penyebaran virus. Tentunya privasi pengguna dan keamanan akan tetap menjadi prioritas utama.

Pernyataan ini disampaikan oleh Apple di laman Apple Newsroom. Berikut ini kutipannya.

In this spirit of collaboration, Google and Apple are announcing a joint effort to enable the use of Bluetooth technology to help governments and health agencies reduce the spread of the virus, with user privacy and security central to the design.

Baca Juga: Update Pertama Apple Covid–19 Screening Tool Hadirkan Fitur Baru

Secara teknis, Apple dan Google akan meluncurkan solusi yang komprehensif dengan merilis API (Application Programming Interfaces) dan teknologi dalam tingkat sistem operasi untuk membantu memungkinkan pelacakan kontak.

To further this cause, Apple and Google will be launching a comprehensive solution that includes application programming interfaces (APIs) and operating system-level technology to assist in enabling contact tracing.

Ada 2 langkah yang akan digunakan dalam kondisi mendesak ini dan tetap fokus pada perlindungan privasi pengguna.

Pertama, di bulan Mei Apple dan Google akan merilis API untuk perangkat Android dan iOS yang tersambung dengan aplikasi otoritas kesehatan masyarakat.

Aplikasi tersebut akan tersedia di App Store dan Google Play Store.

Baca Juga: Apple Berencana Rekrut 1.000 Anak Magang Secara Online, Berminat?

Kedua, dalam beberapa bulan mendatang Apple dan Google akan bekerja untuk mengaktifkan platform penelusuran kontak berbasis Bluetooth yang lebih luas.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest