Follow Us

macOS Catalina 10.15.5 Beta Bawa Fitur Battery Health Management

Bagus Hernawan - Jumat, 17 April 2020 | 14:35
MacBook Pro 16 inci

MacBook Pro 16 inci

Hari ini Apple merilis macOS Catalina 10.5.5 beta 2 untuk pengembang terdaftar.

Update ini dapat diunduh jika kamu sebelumnya telah menggunakan macOS Catalina versi Beta dari laman Apple Developer.

Dikutip dari The Verge, ada fitur baru yang diujikan oleh Apple pada update kali ini. Fitur ini bernama Battery Health Management.

Menurut penjelasan dari Apple, Battery Health Management diciptakan untuk memperpanjang umur baterai laptop.

Secara teknis fitur ini akan mencatat kebiasaan pengguna dalam menggunakan komputer Mac, menganalisa dan dalam kasus tertentu tidak akan mengisi baterai laptop hingga maksimum.

Tujuannya adalah memperpanjang umur baterai dengan cara tidak memberikan tekanan berlebih yang bisa menyebabkan umurnya lebih pendek.

Sebelumnya fitur serupa sudah dikenalkan oleh Apple pada iOS 13. Yaitu menggunakan nama Optimize Battery Charging.

On by default, the new feature is intended to extend the overall lifespan of your laptop battery by reducing the rate of chemical aging. It does so by not charging the battery all the way up to the maximum in certain cases. Fully charging a battery puts a strain on it that can more rapidly reduce its longevity over time. Some phones now avoid charging all the way to 100 percent until just before you wake up for this reason.

Baca Juga: Cara Melihat Cycle Count Baterai iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

Masih dari laman sumber, fitur ini nantinya akan tersedia bagi pengguna macOS Catalina 10.5.5 dan komputer Mac yang mendukung Thunderbolt 3.

Contohnya adalah MacBook Pro Touch Bar dan MacBook Air Retina Display.

Sebagai gambaran, fitur ini bisa dibilang cocok untuk kamu yang biasa menggunakan komputer Mac dalam tipe laptop tetap seperti komputer desktop.

Yaitu bekerja seharian di dalam ruangan, tidak berpindah-pindah dan selalu menghubungkan Mac ke pengisi baterai. Namun sesekali kamu juga akan menggunakan komputer Mac di luar rumah dan memakai baterai di laptop.

Dengan fitur Battery Health Management, macOS Catalina akan mempelajari kebiasaan pengguna, temperatur rata-rata dan proses yang berjalan di CPU untuk menjalankan fitur ini.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Battery Health Management di macOS Catalina? Bagikan di kolom komentar ya.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest