Follow Us

Komputer Mac dengan CPU ARM Meluncur 2021, Gunakan CPU 12-Core

Bagus Hernawan - Jumat, 24 April 2020 | 10:13
MacBook Pro 16 inci dengan Scissor Keyboard

MacBook Pro 16 inci dengan Scissor Keyboard

Sebuah laporan terbaru datang untuk rumor komputer Mac yang akan menggunakan CPU berbasis teknologi ARM alias meninggalkan produk Intel.

Laporan dari Bloomberg ini menjelaskan bahwa Apple sedang menciptakan CPU baru untuk komputer Mac yang mereka buat sendiri.

Kabarnya CPU ini akan digunakan pada produk laptop Mac di tahun 2021.

Apple akan menggunakan teknologi yang sama dengan CPU A14 untuk iPhone di tahun ini ke CPU berbasis ARM untuk Mac.

Dalam persiapannya, ada 3 spesifikasi CPU untuk Mac yang disiapkan. Disebutkan juga bahwa salah satunya akan lebih cepat dari CPU A-series yang ada di iPhone atau iPad.

Untuk bocoran spesifikasinya, CPU di Mac akan berbasis 12-Core dengan 8-Core untuk performa tinggi (kode nama Firestorm) dan 4-Core untuk mode hemat energi (kode nama Icestorm).

The first Mac processors will have eight high-performance cores, codenamed Firestorm, and at least four energy-efficient cores, known internally as Icestorm. Apple is exploring Mac processors with more than 12 cores for further in the future, the people said.

Baca Juga: (Rumor) Apple Siapkan iPad Air dengan Touch ID Under Display dan MacBook 12 CPU ARM

Bahkan disebutkan juga bahwa Apple sedang mencari cara untuk mengembangkan CPU berbasis ARM di atas 12-Core untuk penggunaan di masa depan.

Dengan menciptakan CPU sendiri untuk komputer Mac, Apple bisa lebih leluasa untuk mengatur jadwal rilis komputer baru setiap tahunnya.

Ya, karena saat ini Apple sangat tergantung dengan Intel yang saat ini terus berjuang untuk merilis teknologi baru sesuai jadwalnya.

Dengan menggunakan CPU sendiri seperti di perangkat iOS, Apple juga dapat melakukan manajemen keamanan, penghematan baterai dan lain sebagainya secara lebih akurat untuk komputer Mac.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest