Follow Us

Jelang Rilis Apple Silicon, Intel Umumkan CPU Generasi 11 'Tiger Lake'

Bagus Hernawan - Kamis, 03 September 2020 | 10:01
CPU Intel generasi 11, Tiger Lake

CPU Intel generasi 11, Tiger Lake

Intel telah mengumumkan teknologi CPU terbaru mereka yang akan menyasar para pengguna laptop ultra tipis dan ringan.

CPU Intel generasi ke–11 ini diberi kode nama Tiger Lake dan diklaim punya banyak peningkatan dan integrasi terbaru.

Daftar integrasi teknologi yang menjadi unggulan dari Intel Tiger Lake adalah Xe graphic, Thunderbolt 4, USB 4, PCIe Gen 4, dan dukungan WiFi 6.

Intel launches 11th Gen Intel® Core™ processors with Intel® Iris® Xe graphics, the world’s best processors for thin-and-light laptops1, delivering up to 2.7x faster content creation2, more than 20% faster office productivity3 and more than 2x faster gaming plus streaming4 in real-world workflows over competitive products.

Baca Juga: Komputer Mac dengan Apple Silicon Tetap Mendukung Port Thunderbolt

CPU ini dibuat dengan teknologi terbaru bernama SuperFin.

Dalam penjelasannya, Intel mengatakan bahwa Intel Core Generasi ke–11 mengoptimalkan efisiensi daya dengan kinerja dan respon terbaik saat berjalan pada frekuensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Desain CPU ini akan dibagi menjadi 150 jenis berdasarkan prosesor Intel Core Generasi ke–11 yang akan dipesan oleh sejumlah merek laptop ternama di dunia. Beberapa diantaranya adalah Acer, Asus, Dell, Dynabook, HP, Lenovo, LG, MSI, Razer, Samsung.

Baca Juga: Migrasi Intel ke Apple Silicon di MacBook Pro Dimulai Akhir 2020

Dari tabel data yang dibagikan, Intel Tiger Lake akan dibagi menjadi 3 tipe umum yaitu Intel Core i3, i5 dan i7.

Paling rendah menggunakan kode nama Intel® Core™ i3–1110G4 (1,8 GHz) sedangkan paling tinggi dipegang oleh Intel® Core™ i7–1185G7 (3,0 GHz).

Apakah Apple akan menggunakan CPU Intel ke–11 pada produk Mac di masa yang akan datang?

Sepertinya tidak. Mengingat Apple telah mengumumkan CPU buatan sendiri bernama Apple Silicon yang akan dirilis pada tahun depan.

Namun jika melihat catatan sebelumnya, masa transisi dari CPU Intel ke Apple Silicon akan berlangsung selama 2 tahun. Jadi, apakah Apple akan menggunalan CPU Tiger Lake? Bagaimana menurut kamu?

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest