Follow Us

Mengenal Fungsi Pengaturan Privacy Local Network di iOS 14

Bagus Hernawan - Rabu, 23 September 2020 | 11:30
Privacy Local Network di iOS 14

Privacy Local Network di iOS 14

Update iOS 14 membawa sejumlah pengaturan Privacy yang lebih lengkap untuk menjamin pengguna dapat mengendalikan beberapa bagian secara mandiri dan jelas.

Salah satu fitur baru di mode Settings - Privacy untuk iOS 14 adalah pengaturan Local Network.

Apa itu pengaturan Local Network? Apakah dengan mengaktifkan pengaturan Local Network artinya data kamu bisa diambil oleh perangkat lain pada jaringan lokal? Yuk kita bahas

Fitur Local Network di iOS 14

Secara singkat, Local Network adalah pengaturan baru dari Apple sebagai indikator bahwa aplikasi dari pihak ketiga yang kamu gunakan, memerlukan akses ke jaringan lokal.

Dengan indikator Local Network, pengguna bisa mengetahui secara pasti bahwa beberapa aplikasi yang mereka gunakan telah diijinkan untuk mengakses data di jaringan lokal.

Dikutip dari video salah satu sesi di WWDC20, contoh akses yang dimaksud adalah penggunaan protokol TCP dan UDP, Bonjour Browse dan Advertise, serta beberapa protokol Multicast.

Protokol yang memerlukan notifikasi Local Network

Protokol yang memerlukan notifikasi Local Network

Sedangkan beberapa jenis akses data di jaringan lokal yang tidak perlu menggunakan pengaturan Local Network adalah AirPrint, AirPlay, AirDrop, HomeKit dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kupas Tuntas Fitur App Library di iPhone iOS 14, Homescreen Lebih Rapi

Pengaturan Local Network dapat kamu temukan di iOS 14 pada bagian Settings - Privacy - Local Network.

Di halaman tersebut, kamu bisa melihat daftar aplikasi yang memerlukan persetujuan akses Local Network untuk diaktifkan atau bisa juga sudah aktif dan ingin kamu matikan.

Notifikasi Local Network di iOS 14

Notifikasi Local Network di iOS 14

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest