Follow Us

Resmi, Fitur Facebook Messenger dan DM Instagram Kini Digabungkan

Bagus Hernawan - Kamis, 01 Oktober 2020 | 15:30
Facebook Messenger dan DM Instagram

Facebook Messenger dan DM Instagram

Setelah rumor panjang sejak tahun lalu, akhirnya Facebook mengumumkan bahwa fitur Facebook Messenger dan DM (Direct Message) Instagram resmi digabungkan.

Itu artinya kamu yang lebih sering menggunakan Facebook Messenger, kini dapat mengirim pesan kepada daftar kontak atau keluarga yang lebih aktif di Instagram secara mudah dan cepat. Berikut ini kutipan penjelasan Facebook dari laman Facebook Newsroom.

People are communicating in private spaces now more than ever. More than a billion people already use Messenger as a place to share, hang out and express themselves with family and friends. That’s why we’re connecting the Messenger and Instagram experience to bring some of the best Messenger features to Instagram – so you have access to the best messaging experience, no matter which app you use.

Baca Juga: Sejumlah Pengguna Bisa Lihat Instagram Stories Lewat Facebook

Tujuan dari fitur ini adalah membawa beragam pengalaman chatting lebih menarik dari Facebook Messenger ke layanan DM di Instagram.

Dengan kehadiran fitur ini, Facebook juga ingin membantu kamu lebih mudah terhubung kepada teman atau keluarga. Ya, dengan cara tidak repot lagi untuk mencari percakapan yang sebelumnya pernah dilakukan di aplikasi apa.

Selain penggabungan fitur Facebook Messenger dan DM Instagram, ada beragam fitur baru yang dikenalkan lewat update ini.

Facebook Messenger dan DM Instagram

Facebook Messenger dan DM Instagram

Berikut ini daftar lengkap fitru baru dari Facebook:

  • Berkomunikasi di Seluruh Aplikasi: Terhubung secara mudah dengan teman dan keluarga di Instagram dan Messenger dengan menggunakan salah satu aplikasi, untuk mengirim pesan dan bergabung dengan panggilan video.
  • Tonton Bersama: Menonton video di Facebook Watch, IGTV, Reel (segera hadir), TV Shows, film, dan lainnya dengan teman dan keluarga selama panggilan video.
  • Vanish Mode: Pilih mode di mana pesan yang terlihat bisa menghilang setelah mereka terlihat atau ketika Anda menutup obrolan.
  • Stiker Selfie: Buat serangkaian stiker boomerang dengan selfie untuk digunakan dalam percakapan.
  • Chat Color: Personalisasi obrolan Anda dengan gradien warna yang menyenangkan.
  • Reaksi Emoji Khusus: Buat pintasan emoji favorit untuk bereaksi cepat terhadap pesan dari teman.
  • Forwarding: Mudah berbagi konten hingga dengan lima teman atau grup.
  • Replies: Menanggapi langsung pesan tertentu dalam obrolan dan membuat percakapan tetap berjalan lancar.
  • Efek Pesan Animasi: Tambahkan bakat visual ke pesan dengan efek pengiriman animasi.
  • Kontrol Pesan: Putuskan siapa yang dapat mengirimi pesan secara langsung, dan siapa yang tidak dapat mengirimi pesan sama sekali.
  • Pembaruan Pelaporan dan Pemblokiran yang Ditingkatkan: Melaporkan percakapan lengkap selain pesan tunggal di Instagram, dan menerima saran pemblokiran proaktif di Instagram dan Messenger saat Anda menambahkan akun di Pusat Akun baru. Selain daftar di atas, Facebook juga memberikan pengaturan Privacy baru untuk pengguna Instagram.
Dalam waktu dekat, kamu bisa mengendalikan daftar pesan yang masuk ke DM Instagram dari Facebook Messenger.

Message Request di Instagram

Message Request di Instagram

Pengaturan Message Requests ini terbagi menjadi memindahkan pesan ke Chat List ataut tidak menerima sama sekali.

Kapan fitur-fitur di atas tersedia untuk Facebook Messenger dan DM Instagram? Kabarnya Facebook masih meluncurkan fitur ini secara terbatas untuk beberapa negara.

Perilisan fitur secara global masih memerlukan beberapa waktu lagi. Kita tunggu saja ya!

Editor : Bagus Hernawan

Latest