Follow Us

iPod Nano Generasi Terakhir Resmi Masuk Daftar Produk Vintage

Bagus Hernawan - Senin, 05 Oktober 2020 | 11:30
iPod Nano Gen 7

iPod Nano Gen 7

Perangkat iPod Nano generasi terakhir alias iPod Nano 7 (Late 2012), resmi masuk dalam produk Apple berstatus Vintage and Obsolete Products. Tepatnya di kategori produk Vintage.

iPod Nano generasi terakhir ini masuk kategori Vintage karena telah rilis di tahun 2015 yang artinya sudah berumur lebih dari 5 tahun dan kurang dari 7 tahun.

Dalam penjelasan Apple, product dengan label Vintage artinya masih bisa mendapatkan dukungan dan perbaikan dari Apple, namun dalam jumlah terbatas.

Kini setelah iPod Nano terakhir mendapatkan label Vintage, tidak ada lagi penerus produk iPod Nano yang dibuat oleh Apple.

Barisan keluarga iPod yang berjaya sejak tahun 2001, hanya tersisa iPod Touch yang menggunakan sistem operasi iOS dan bisa terhubung ke internet dan layanan Apple Music, Apple Arcade, App Store dan beragam layanan digital dari Apple.

Baca Juga: Sejarah Rahasia Riset iPod Khusus, Bisa Merekam Suara

Produk iPod Nano 7 dikenalkan pada tahun 2012 dengan 5 warna ceria mulai dari Blue, Green, Yellow, Pink, Purple, White, Black. Ada juga warna (PRODUCT)RED sebagai edisi spesial.

Di tahun 2015, Apple merilis daftar warna baru namun tidak memberikan perubahan apapun di bagian hardware iPod Nano 7.

Perangkat iPod Nano dan iPod Shuffle generasi terakhir berhenti dijual pada pertengahan tahun 2017.

Menurut tim MakeMac, Apple mulai berhenti menjual iPod karena kehadiran Apple Music.

Sistem berlangganan Apple Music tentunya tidak mendukung perangkat iPod Nano apalagi iPod Shuffle.

Ditambah lagi Apple Watch yang sudah semakin cerdas dan bisa digunakan untuk memutar konten musik, bersamaan dengan penggunaan Airpods atau perangkat audio nirkabel.

Editor : Bagus Hernawan

Latest