Follow Us

Apple Rilis CPU M1. Selamat Datang Masa Depan Komputer Mac!

Bagus Hernawan - Rabu, 11 November 2020 | 03:11
CPU Apple M1
Apple

CPU Apple M1

Acara Apple Event November 2020 telah selesai digelar. Dalam acara ini, Apple mengenalkan CPU baru untuk komputer Mac yang akan menggantikan CPU Intel.

CPU pertama buatan Apple yang didesain khusus untuk komputer Mac ini bernama Apple M1.

Untuk masa awal, Apple M1 akan digunakan di MacBook Air, MacBook Pro dan Mac Mini.

Dalam penjelasan yang diberikan, Apple M1 disebut sebagai CPU komputer portabel yang paling kencang dan tetap efisien dalam penggunaan baterai.

Apa saja hal menarik di Apple M1? Simak pembahasan lengkapnya dari Apple Newsroom berikut ini.

Apple M1 dengan Desain SoC

Performa CPU Apple M1
Apple

Performa CPU Apple M1

Pertama, Apple menjelaskan bahwa Apple M1 menggunakan system on a chip (SoC) yang membuat koneksi antara CPU, I/O, Security dan beragam hardware dalam level chip komputer menjadi terintegrasi dan lebih cepat.

Sebelumnya pada komputer Mac dengan CPU Intel atau PC lainnya, chip yang digunakan masih terpisah-pisah pada setiap bagian hardware. Sehingga integrasi dan efisiensi penggunaan daya akan mengalami hambatan.

Kini dengan Apple M1 yang didesain dengan SoC dan teknologi Unified Memory Architecture, Apple mengklaim bahwa setiap proses data yang dilakukan tidak perlu disalin ke setiap bagian memory dari chip yang diperlukan, sehingga bisa lebih cepat dan hemat baterai.

CPU dengan Performa Terbaik

CPU Apple M1
Apple

CPU Apple M1

Apple M1 dibuat dengan desain 8 Core, dibagi menjadi 4 Core untuk mode performa tinggi dan 4 Core lagi untuk mode efisiensi.

Apple mengklaim bahwa Apple M1 adalah CPU paling cepat di level perangkat yang hemat daya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest