Follow Us

Penjelasan Lengkap Sistem Memori Terpadu di Chip Apple M1

Bagus Hernawan - Kamis, 12 November 2020 | 14:44
MacBook Air dengan Apple M1
Apple

MacBook Air dengan Apple M1

Apple telah merilis chip Apple M1 untuk pengganti CPU Intel di komputer Mac.

Kini ada 3 komputer Mac yang menggunakan Apple M1 sebagai produk pertama yaitu MacBook pro, MacBook Air dan Mac mini.

Dalam penjelasan di Apple.com, ketiganya menggunakan sistem memori yang berbeda dari semua Mac versi sebelumnya. Yaitu penggunaan sistem memori terpadu alias unified memory.

Apa itu unified memory? Bagaimana bedanya unified memory dengan RAM yang selama ini kamu kenal di komputer?

Sebelum membahas unified memory, pastikan dulu bahwa kamu sudah tahu bahwa Apple M1 menggunakan desain System on Chip (SoC) pada bagian hardware intinya yaitu CPU, GPU, Memory dan beragam bagian I/O.

SoC adalah sistem hardware yang lebih terpadu, terintegrasi dan meletakkan semua bagian yang sebelumnya berupa chip terpisah dari komponen hardware komputer, menjadi satu bagian lengkap.

Sebelum menggunakan SoC, setiap bagian hardware di sebuah komputer berdiri secara terpisah alias bisa diganti sesuai kebutuhan pengguna. Istilahnya adalah desain modular.

CPU Apple M1
Apple

CPU Apple M1

Dikutip dari Eclecticlight, karena bagian-bagian yang modular ini, diperlukan teknologi memory management untuk saling menghubungkan antar komponen hardware.

Kecepatan proses di memory management menjadi salah satu hal utama yang menentukan, apakah komputer bisa melakukan komputasi secara ekstra cepat atau biasa saja.

Tentunya memory management yang tinggi untuk komunikasi setiap hardware juga berpengaruh terhadap penggunaan daya listrik.

Namun dengan SOC, semuanya menjadi lebih terintegrasi, cepat serta tentu saja hemat tenanga.

Editor : Bagus Hernawan

Latest