Follow Us

Teardown iPhone 12 Mini dari iFixit, Hardware Seperti Miniatur

Bagus Hernawan - Senin, 16 November 2020 | 19:21
Teardown iPhone 12 mini
ifixit

Teardown iPhone 12 mini

iFixit telah membedah alias melakukan Teardown untuk iPhone 12 mini yang menjadi iPhone 12 series dengan ukuran paling kecil.

Dengan ukuran bentar layar 5,4 inci, iPhone 12 mini hadir dengan bodi lebih kecil dibandingkan iPhone SE 2020 namun baterainya ternyata lebih besar.

Dari catatan yang dibagikan iFixit, baterai iPhone 12 mini menggunakan ukuran 8,75 Wh, sedangkan iPhone SE 2020 ada di 6,96 Wh. Tentunya iPhone 12 lainnya ada di ukuran lebih besar yaitu 10,78Wh untuk iPhone 12 dan 12 Pro.

This mini battery packs a surprising 8.57 Wh. That’s more juice than the iPhone SE 2020’s 6.96 Wh, but understandably short of the 10.78 Wh of the standard 12 it’s stacked on top of.

Hal menarik berikutnya adalah di bagian kamera. Meskipun iPhone 12 mini punya desain cukup kecil, namun suku cadang kamera yang digunakan identik dengan iPhone 12 yang lebih besar.

Apple berhasil menggunakan hardware yang sama meskipun ukuran fisik keduanya cukup berbeda jauh. Bahkan ketika kamera mini dan 12 biasa ditukar, iFixit menemukan fakta bahwa keduanya dapat berjalan dengan normal.

Teardown iPhone 12 mini
ifixit

Teardown iPhone 12 mini

Baca Juga: iPhone 12 Series Akhirnya Lolos Sertifikasi POSTEL

Di bagian pembongkaran hardware yang lebih detail, iFixit menemukan bahwa beberapa komponen di iPhone 12 mini dibuat seperti miniatur dari iPhone 12.

Hal ini dilakukan karena ruangan yang cukup sempit sehingga beberapa bagian harus dibua lebih kecil. Contohnya adalah Taptic Engine, speaker dan bulatan magnet untuk MagSafe.

Mungkin hal ini juga yang menyebabkan Apple membuat spek berupa MagSafe di iPhone 12 mini yang hanya mampu mengisi daya maksimal pada 12W saja, di iPhone 12 lain padahal bisa sampia 15W.

Selanjutnya iFixit juga menemukan bahwa desain iPhone 12 mini di beberapa tempat tidak terlalu simetris mengingat ruangan yang sempit. Desain ini ada di bagian gril speaker di kanan dan kiri port lightning.

Masih ada beberapa detail menarik lainnya dari iPhone 12 mini yang telah dibongkar oleh iFixit dan mendaptakan skor perbaikan angka 6 ini.

Beberapa diantaranya adalah perbedaan antrna mmWave untuk tipe US dan di Eropa, kabel konektor layar, dan sebagainya. Silakan cek catatan lengkapnya di laman berikut ini.

Editor : MakeMac





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular