Follow Us

Apple Bagikan Panduan Bereskan Error Update Big Sur di MBP 2013 dan 2014

Bagus Hernawan - Senin, 23 November 2020 | 07:49
Safari di macOS Big Sur

Safari di macOS Big Sur

Sejak macOS Big Sur rilis beberapa pekan lalu, sejumlah pengguna mengeluhkan masalah gagal update berulang-ulang. Atau bahkan beberapa diantaranya mengalami masalah komputer tidak bisa digunakan alias brick setelah mengunduh dan proses instal macOS Big Sur.

Kendala serupa paling banyak dialami oleh pengguna MacBook Pro lawas seperti MacBook Pro tahun 2013 atau 2014.

Ternyata Apple menyadari hal tersebut. Kini Apple telah membagikan dokumen panduan untuk membereskan masalah instalasi macOS Big Sur yang bermasalah, khususnya pada komputer MacBook Pro 2013 dan 2014.

Follow these steps if you can’t install macOS Big Sur on a MacBook Pro (Retina, 13-inch, Late 2013) or MacBook Pro (Retina, 13-inch, Mid 2014).

When you install macOS Big Sur on these Mac models, the installer might say that the update cannot be installed on this computer, or your Mac might start up to a blank screen or circle with a line through it .

Baca Juga: macOS Big Sur Resmi Rilis! Tampilan Baru dan Peningkatan Privasi

Dalam panduan yang diberikan, ada 5 langkah yang harus kamu lakukan jika komputer Mac gagal dinyalakan setelah proses unduh dan instal macOS Big Sur:

  1. Tekan dan tahan tombol Power selama minimal 10 detik. Jika sebelumnya Mac ada dalam kondisi menyala, maka akan otomatis mati.
  2. Cabut semua konektor eksternal atau aksesoris yang terhubung via konektor eksternal. Mulai dari monitor, aksesoris USB, atau kartu memori SDXC di slot kartu. Setelah itu coba nyalakan Mac kembali.
  3. Jika masih bermasalah, coba lakukan panduan Reset SMC.
  4. Jika masih bermasalah, lanjutkan dengan proses reset NVRAM atau PRAM.
  5. Jika semua solusi di atas tidak berhasil, silakan hubungi Apple Support untuk panduan lebih lanjut.
Sejauh ini dari pantauan tim MakeMac, masalah gagal update di macOS Big Sur pada komputer Mac 2013 dan 2014 bisa diatasi dengan proses Restart atau penjelasan pertama.

Ada beberapa pengguna yang bisa langsung beres dengan sekali Restart saja, namun ada juga yang perlu beberapa kali Restart dan bahkan lanjut ke proses Reset SMC dan reset NVRAM atau PRAM.

Apakah kamu pernah mengalami kendala serupa saat update ke macOS Big Sur?

Editor : Bagus Hernawan

Latest