Follow Us

Kalahkan Amazon, Apple Jadi Nomor Satu di Daftar Most Valuable Brand

Bagus Hernawan - Jumat, 29 Januari 2021 | 10:45
Apple Fifth Avenue

Apple Fifth Avenue

Apple berhasil mengalahkan Amazon dan Google sebagai ‘Most Valuable Brand’ alias merek paling berharga tahun 2021. Daftar ini dibuat oleh Brand Finance Global 500.

Predikat puncak tersebut kembali dapat dipegang Apple setelah terakhir kalinya diraih pada tahun 2016 alias 5 tahun lalu.

Dikutip dari Brandirectory, keberhasilan strategi diversifikasi Apple dapat dilakukan berkat peningkatan nilai merek sebesar 87% yang mengesankan menjadi $263,4 miliar dan posisinya di puncak peringkat Brand Finance Global 500.

Disebutkan juga bahwa kepemimpinan Tim Cook selama 5 tahun telah membuat Apple berfokus pada pertumbuhan produk di luar perangkat iPhone.

Kebijakan diversifikasi yang dilakukan membuat Apple punya beragam sumber pendapatan baru yang terus ditingkatkan pada industri digital dan layanan.

Yaitu App Store, iCloud, Apple Podcast, Apple Music, Apple TV+ dan Apple Arcade.

Namun mendapatan terbesar yang didapatkan oleh Apple masih berasal dari iPhone yang mencapai setengah dari penjualan.

Laman sumber juga mencatat bahwa di perayaan tahun baru saja, para pelanggan Apple menghabiskan $540 juta untuk belanja barang dan layanan digital.

Apple juga telah mencatat rekor sebagai perusahaan AS pertama yang mencapai kapitalisasi pasar $ 2 triliun pada Agustus 2020.

Kemampuan Apple untuk terus melakukan transformasi, menciptakan produk baru dan berbeda, telah berkontribusi pada kesuksesannya selama lebih dari 3 dekade.

Baca Juga: Pengguna Aktif iPhone Saat Ini Capai 1 Miliar Orang di Seluruh Dunia

David Haigh, CEO Brand Finance juga menjelaskan bahwa warisan dari mendiang Steve Jobs terus mengalir melalui Apple dengan inovasi produk yang tertanam dalam DNA merek tersebut.

Editor : Bagus Hernawan

Latest