Follow Us

Rumor Spek Komputer Apple M1X Gunakan 12 Core CPU, Up To 32GB RAM

Bagus Hernawan - Jumat, 19 Februari 2021 | 10:30
Apple M1

Apple M1

Apple telah merilis komputer Mac dengan Apple Silicon atau CPU buatan sendiri bernama Apple M1 tahun lalu.

Untuk tahun ini, kabarnya generasi berikutnya akan rilis dan dibuat untuk komputer Mac dengan spesifikasi lebih tinggi seperti MacBook Pro 16 inci.

Dari rumor terbaru, CPU baru ini akan bernama Apple M1X. Dikutip dari wccftech (via CPU Monkey), Apple M1X akan menggunakan 12 Core CPU dengan System on Chip.

Dari 12 Core CPU ini akan dibagi menjadi 6 Performance Core dan 6 Efficiency Core. Sebagai perbandingan, Apple M1 saat ini hadir dengan 8 Core dengan skema 4 performa dan 4 efisiensi.

Bicara GPU, Apple M1X rumornya akan menggunakan 16 Core serta 256 execution units. Lalu untuk RAM, performa maksimal yang dapat dikonfigurasi bisa mencapai 32GB RAM.

Jika semua rumor ini akurat, spek Apple M1X akan 2x lebih tinggi dibandingkan Apple M1 di beberapa bagian hardware utama.

Assuming these specs are true, the M1X will have twice as many performance cores as the M1, twice the number of GPU cores, and twice the number of execution units.

Baca Juga: Awas! Malware Pertama di Komputer Mac M1 Telah Ditemukan

Masih dari catatan yang sama, disebutkan juga bahwa M1X dapat menggunakan 3 monitor eksternal dengan maksimal.

Catatan selanjutnya adalah TDP (Thermal Design Power) dapat beroperasi hingga 35W atau 45W jika diperlukan.

Semakin tinggi angka TDP, artinya Apple perlu mempersiapkan sistem pendingin yang lebih optimal untuk MacBook Pro terbaru dengan rumor ukuran layar 14,1 inci dan 16 inci.

Kita tunggu saja ya hingga tengah tahun ini, apakah Apple M1X akan menggunakan spesifikasi hardware sangat buas seperti rumor yang beredar saat ini.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest