Follow Us

Pengguna Mac M1 Keluhkan Degradasi SSD Tidak Wajar, Cepat Rusak?

Bagus Hernawan - Senin, 01 Maret 2021 | 12:00
MacBook Air

MacBook Air

Sejumlah pengguna komputer Mac dengan CPU Apple M1 kabarnya punya keluhan dengan SSD atau kapasitas penyimpanan yang digunakan.

Dilaporkan dari beberapa sumber (MacRumors, linustechtips), SSD di Mac Apple M1 mengalami degradasi atau penurunan usia penggunaan jauh lebih cepat dibandingkan Mac generasi sebelumnya.

Setiap SSD diciptakan dengan batas penggunaan wajar untuk data yang ditulis atau Total Bytes Written (TBW) dengan jumlah tertentu dan biasanhya jumlah penggunaan yang dilakukan, ditulis dengan nilai prosentase.

Beberapa laporan paling parah menyebutkan Mac Apple M1 dengan usia pemakaian beberapa bulan, kabarnya ada yang sudah mencapai TBW hingga 10–13% dari jumlah maksimumnya.

Baca Juga: Awas! Malware Pertama di Komputer Mac M1 Telah Ditemukan

Dapat kamu lihat pada cuitan di atas, nilai maksimal TBW dari SSD tersebut bisa saja penuh dalam waktu sektiar 2 tahun.

Setelah nilai TBW penuh, SSD masih tetap dapat digunakan namun performa yang digunakan bisa saja mengalami penurunan atau mendadak bermasalah.

Beberapa catatan mengatakan bahwa bisa saja angka pencatat penggunaan TBW dari aplikasi monitoring SSD yang digunakan masih bermasalah dengan Apple M1.

Atau bisa juga problem ini datang dari macOS Big Sur yang perbaikannya akan diberikan dalam waktu yang akan datang. Kita tunggu saja ya.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest