Follow Us

Apple Luncurkan ATT, LinkedIn Tak Lagi Gunakan IDFA di perangkat iOS

Gama Prabowo - Jumat, 05 Maret 2021 | 17:23
LinkedIn
Lynda.com

LinkedIn

LinkedIn menjadi perusahaan besar berikutnya yang memutuskan untuk tak lagi menggunakan fitur IDFA (Identifier for Advertiser) di perangkat iOS, setelah Google dan Facebook.

Keputusan LinkedIn untuk tak lagi menggunakan IDFA ini bakal berpengaruh pada beberapa fitur seperti LinkedIn Audience Network (LAN), Conversion Tracking, dan Matched Audiance.

LinkedIn mengambil keputusan ini sebagai tanggapan langsung atas rencana peluncuran fitur privasi di iOS 14 bernama App Tracking Transperancy (ATT).

Baca Juga: Seorang Pengguna Gugat LinkedIn Karena Akses Clipboard di iOS

Melalui blog resmi Business.linkedin.com, LinkedIn mengungkapkan rencana mereka untuk menghentikan pengumpulan data IDFA di aplikasi versi iOS untuk saat ini dan kedepannya.

LinkedIn juga berusaha untuk meminimalisir dampak pada performa kampanye iklan di platformnya.

LinkedIn mempekirakan bahwa perubahan ini tidak akan mengubah performa kampanye iklan secara signifikan.

Oleh karena itu, para pengiklan di LinkedIn tak perlu merasa khawatir tentang efektifitas kampanye iklan mereka.

Masih penasaran mengapa LinkedIn mengubah sistem pengiklanan melalui IDFA?

LinkedIn mengungkapkan bahwa rencana untuk menghapus tag IDFA betujuan untuk memanfaatkan data pihak pertama demi membantu pengiklan menjagkau kelompok pembeli di platform LinkedIn.

Bulan Januari lalu Google juga mengumumkan bahwa mereka juga akan menghentikan penggunaan IDFA untuk melacak aktifitas pengguna.

Langkah pemberhentian penggunaan IDFA merupakan bentuk protes Google dan LinkedIn terhadap fitur ATT yang dikembangkan oleh Apple untuk melindungi privasi pengguna.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest