Follow Us

Lebih Dari 80 Persen Pengguna iOS 14.5 Enggan Gunakan Fitur Pelacakan Iklan

Gama Prabowo - Senin, 10 Mei 2021 | 13:30
App Tracking Transparency iOS 14.5
MakeMac

App Tracking Transparency iOS 14.5

Fitur App Tracking Transparency atau ATT merupakan inovasi besar dalam hal perlindungan data pribadi pengguna iPhone.

Fitur yang baru hadir di iOS 14.5 ini memberikan keleluasan pengguna untuk menolak atau tak mengijinkan pelacakan aplikasi terhadap data pribadi.

Berdasarkan data terbaru dari Flurry Analytics yang rilis 8 Mei lalu, pelacakan aplikasi di perangkat iOS mengalami penurunan yang signifikan.

Flurry Analytics menyebutkan bahwa hanya 12% pengguna iOS 14.5 secara global yang mengijinkan pelacakan aplikasi di perangkat iPhone miliknya.

Itu artinya sekitar 88% pengguna perangkat iOS 14.5 secara global merasa enggak untuk mengaktifkan fitur pelacakan iklan .

Baca Juga: Pengguna iOS 14.5 Tak Bisa Lagi Downgrade Sistem Operasi ke iOS 14.4.2

Rendahnya pelacakan aplikasi di iOS 14.5 berdampak besar pada cara kerja iklan dalam aplikasi tersebut.

Perusahaan dengan model bisnis berbasis iklan untuk menopang layanannya mejadi sangat terpengaruh.

Sebagai contoh, pengembang besar seperti Facebook, Spotify, dan Google kehilangan mayoritas penggunanya yang mengaktifkan pelacakan aplikasi di iOS 14.5.

Di sisi lain, pengguna aplikasi di iOS 14.5 semakin merasa aman karena mereka dapat menjaga kerahasiaan data pribadi dari pihak ketiga.

Flurry Analytics sendiri merupakan platform analisis aplikasi mobile yang berfokus pada riset pertumbuhan dan pengembangan aplikasi.

Flurry Analytics yang merupakan anak perusahaan Verizon Wireless, digunakan oleh lebih dari 1 juta aplikasi mobile di dunia.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest