Follow Us

Layanan Google Photos Gratis Unlimited Resmi Dihapus Mulai 1 Juni

Bagus Hernawan - Selasa, 01 Juni 2021 | 13:32
Google Photos
MakeMac

Google Photos

Google telah menghentikan fitur unlimited gratis untuk unggah foto dan video dengan resolusi tinggi di layanan Google Photos, tepatnya mulai hari ini, 1 Juni 2021.

Dengan aturan baru ini, pengguna Google Photos versi gratisan akan mendapatkan jatah 15GB untuk penyimpanan yang digunakan setelah tanggal di atas.

Sedangkan dokumen foto dan video yang sudah diunggah sebelumnya, tidak dihitung dalam kuota 15G dalam aturan terbaru ini.

Berikut ini kutipan penjelasan dari Google Blog:

Starting June 1, 2021, any new photos and videos you upload will count toward the free 15 GB of storage that comes with every Google Account or the additional storage you’ve purchased as a Google One member

Any photos or videos you’ve uploaded in High quality before June 1, 2021 will not count toward your 15GB of free storage. This means that photos and videos backed up before June 1, 2021 will still be considered free and exempt from the storage limit. You can verify your backup quality at any time in the Photos app by going to back up & sync in Settings.

Baca Juga: Google Search for iOS Kedatangan Fitur Baru Diagnosa Penyakit Kulit

Masih dalam catatan yang sama, Google juga menjelaskan bahwa pengguna perangkat Google Pixel pertama hingga terbaru (versi kelima), tidak akan terdampak dengan aturan baru ini.

Dokumen foto dan video dari pengguna Google Pixel dengan kualitas tinggi tetap dapat diunggah tanpa batasan kapasitas penyimpanan dan gratis.

Aturan baru akan dijalankan oleh aplikasi Google Photos secara otomatis, pengguna tidak perlu melakukan pengaturan apapun.

Google juga menambahkan bahwa kapasitas 15GB yang diberikan bisa digunakan untuk menyimpan dokumen atau foto sekitar 3 tahun kenangan yang akan datang.

Jika kapasitas tersebut tidak cukup, kamu bisa berlangganan Google Photos dengan harga mulai dari $1,99 setiap bulan dengan kapasitas penyimpanan 100GB.

Apakah kamu termasuk pengguna Google Photos? Bagaimana pendapat kamu dengan aturan baru ini? Bagikan di kolom komentar ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest