Follow Us

Dampak App Tracking Transparency, Pengiklan iOS Migrasi Ke Android!

Gama Prabowo - Selasa, 06 Juli 2021 | 08:35
Iklan App Tracking Transparency
Apple

Iklan App Tracking Transparency

Kebijakan App Tracking Transparency yang telah berjalan selama beberapa bulan memberi dampak yang luar biasa bagi pengiklan.

Berdasarkan laporan terbaru dari Wall Street Journal, penerapan kebijakan App Tracking Transparency telam membuat pengiklan mulai bermigrasi ke platform Android.

Laporan tersebut juga menunjukan bahwa harga harga iklan yang menargetkan pengguna iOS telah turun secara signifikan karena tak ada pengiklan yang tertarik menaruh iklannya di aplikasi-aplikasi iOS.

Baca Juga: (Video) Iklan Baru iPhone Bahas Fitur App Tracking Transparency

Pengiklan digital mengatakan bahwa mereka telah kehilangan banyak data yang berpengaruh terhadap efektivitas iklan di perangkat iOS karena App Tracking Transparency.

Dengan berkurangnya efekivitas iklan di iOS, maka pengiklan cenderung memilih bermigrasi ke platform Android yang masih memperbolehkan aplikasi untuk mengumpulkan data pengguna.

Hal tersebut menyebabkan permintaan periklanan yang tinggi di aplikasi-aplikasi Android sekaligus meningkatkan harga iklan di platform tersebut.

Berdasarkan laporan Wall Street Journal, harga iklan di Android kini meningkat 30% lebih tinggi daripada sebelumnya.

Sedangkan harga iklan di aplikasi-aplikasi iOS turun secara drastis.

Agensi iklan digital seperti Tinuiti menjadi salah satu perusahaan yang merasakan dampak besar App Tracking Transparency.

Mereka mengatakan bahwa kliennya telah merubah proyeksi belanja tahunan dari 46% di perangkat Android menjadi 64% hanya dalam tempo waktu kurang dari 2 bulan.

Di sisi lain, pengiklan mengurangi alokasi iklannya di platform iOS dari 42% menjadi 25% dalam tempo waktu kurang dari 2 bulan.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest