Follow Us

Dianggap Menyesatkan, Apple Hapus Aplikasi Fakespot dari App Store!

Gama Prabowo - Senin, 19 Juli 2021 | 17:50
Aplikasi Fakespot
App Store

Aplikasi Fakespot

Apple kembali melakukan langkah penghapusan aplikasi di App Store demi keamanan pengguna.

Beberapa waktu lalu, marketplace raksasa, Amazon mengeluh kepada Apple tentang aplikasi bernama Fakespot yang diklaim menyesatkan pengguna Amazon di perangkat iPhone, Mac, dan iPad.

Amazon mengklaim bahwa Fakespot telah memberikan informasi menyesatkan tentang penjual palsu dan ulasan palsu di platformnya.

Baca Juga: Katalog Aplikasi dan Games Mingguan: Auto Defense, Claw Stars, Angry Birds Reloaded

Fakespot mendeskripsikan aplikasinya sebagai perusahaan analitik data yang mampu mendeteksi ulasan palsu, pengulas (reviewer) palsu, dan penjual barang palsu di berbagai marketplace seperti Amazon, TripAdvisor, Walmart, dan Yelp.

Fakespot mengklaim bahwa mereka menggunakan artificial intelligence (AI) untuk mengidentifikasi ulasan palsu dan pengulas palsu di berbagai marketplace.

Tujuan dari aplikasi ini adalah melindungi konsumen dari penjual palsu, penipu dan informasi menyesatkan di marketplace.

Aplikasi Fakespot
Fakespot

Aplikasi Fakespot

Amazon sebagai pihak yang dirugikan mengungkapkan bahwa Fakespot memberi pelanggan informasi yang menyesatkan tentang penjual dan produk mereka di Amazon.

Amazon juga menyatakan bahwa Fakespot telah merugikan penjual di Amazon dan menciptakan potensi bahaya di platformnya.

Dalam keluhannya, Amazon melampirkan data yang mengungkapkan 80% penilaian dan analisis dari Fakespot tentang penjual dan ulasan di Amazon adalah kesalahan.

Amazon berpendapat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga (Fakespot) di platformnya akan membahayakan semua pihak, dari mulai pengguna, penjual, Amazon, bahkan Apple.

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest