Follow Us

iOS 15 Beta 4 Bisa Hilangkan Lens Flare Jepretan Kamera Otomatis

Bagus Hernawan - Kamis, 05 Agustus 2021 | 13:55
Kamera iPhone 12 Pro

Kamera iPhone 12 Pro

Update iOS 15 masih dalam tahap Beta dan punya beberapa fitur baru yang terkadang luput dari pandangan para penggunanya.

Beberapa jam lalu di forum Reddit ada seorang pengguna iOS 15 Beta yang menemukan sebuah fitur baru di iOS 15 dan cukup menarik.

Fitur ini berupa kemampuan fotografi komputasional di iOS 15 yang bisa menghapus lens flare atau bulatan pantulan cahaya hasil jepretan kamera iPhone secara otomatis.

Problem hasil jepretan dengan lens flare sebetulnya sudah dikeluhkan banyak pengguna iPhone terutama sejak generasi iPhone 11 series.

Yaitu ketika kamu mengambil foto di tempat yang cerah atau sumber foto dengan jumlah cahaya yang tinggi dan tidak menyebar, ada pantulan cahaya di lensa yang membuat bulatan dengan warja hijau.

Nah sekarang di iOS 15 Beta 4, kabarnya Lens Flare pada hasil jepretan kamera iPhone dapat otomatis hilang.

Baca Juga: Fitur Eksklusif iOS 15 yang Hanya Tersedia di iPhone XS ke Atas

Hasil jepretan iPhone masih ada lens flare (atas) dan sudah dihapus otomatis (bawah)
Reddit

Hasil jepretan iPhone masih ada lens flare (atas) dan sudah dihapus otomatis (bawah)

Masih bersumber dari postingan di Reddit, kabarnya fitur ini bisa digunakan pada perangkat iPhone Xs, iPhone 11 dan iPhone 12.

Namun dari sejumlah pengguna yang melaporkan percobaan mereka, lens flare yang bisa hilang secara otomatis pada iOS 15 Beta 4 hanya berlaku untuk pantulan cahaya dari matahari atau pengambilan gambar di luar ruangan.

Untuk cahaya dari lampu atau lilin di dalam ruangan, masih terlihat jelas flens flare dari hasil jepretan yang diambil.

Mungkin Apple masih akan memperbaiki fitur ini lewat update iOS 15 Beta berikutnya.

Jika benar Apple memperbaiki masalah lens flare ini, berarti problem di hardware berupa lensa kamera atau lapisan coating di lensa bisa dibereskan lewat pembaruan sistem operasi. Kita tunggu saja update iOS 15 Beta berikutnya ya!

Editor : Bagus Hernawan

Latest