Follow Us

Cara Rahasia Mengurangi iPhone Storage System Data di iOS 15.1

Bagus Hernawan - Kamis, 15 Juni 2023 | 15:15
iPhone Storage di iOs 15
MakeMac

iPhone Storage di iOs 15

Makemac - Apakah kamu sudah menggunakan iOS 15.1 atau yang lebih baru? Sejumlah Sahabat MakeMac mengeluhkan kapasitas penyimpanan kosong di perangkat iOS 15.1 mendadak habis terpakai banyak.

Padahal ketika dicek kembali, tidak ada aplikasi baru yang terinstal atau tidak menambahkan data foto atau video dalam jumlah besar.

Namun ketika dicek pada bagian Settings - General - iPhone Storage, detail pada list System Data memperlihatkan ukuran dokumen yang sangat besar.

Data Sistem di iOS 15 dengan ukuran sangat besar
MakeMac

Data Sistem di iOS 15 dengan ukuran sangat besar

Baca Juga: 3 Cara Mudah Pindah Data iPhone Lama ke iPhone Baru Tanpa Ribet

Seperti pada screenshot di atas, dokumen System Data di iPhone 8 pada iOS 15.1 yang digunakan Sahabat MakeMac ini menunjukkan ukuran 111GB lebih. Padahal biasanya bagian ini hanya menggunakan kapastias penyimpanan sebesar 5GB atau lebih sedikit.

Apakah kamu mengalami masalah yang sama yaitu bagian iPhone Storage tepatnya System Data alias Data Sistem mengalami ukuran yang sangat besar?

Permasalahan iPhone Storage System Data dengan ukuran sangat besar ini bisa disebut sebagai bug system yang ada di iOS 15.1. Sejumlah pengguna di forum Apple Discussion juga mengeluhkan masalah yang sama.

Namun jangan khawatir, tim MakeMac punya solusi yang dapat kamu coba untuk memperbaiki masalah System Data di iPhone Storage yang berukuran sangat besar. Cara yang dapat kamu lakukan adalah melakukan mode Reset Location & Privacy.

Cara Reset Location & Privacy

  1. Masuk ke aplikasi Settings.
  2. Akses bagian General > Transger or Reset iPhone.
  3. Tekan tombol Reset. Pilih Reset Location & Privacy.
Data Sistem di iOS 15 dengan ukuran normal
MakeMac

Data Sistem di iOS 15 dengan ukuran normal

Setelah itu silakan masuk lagi ke bagian Settings - General - iPhone Storage. Tunggu proses loading yang dilakukan selesai lalu scroll ke bagian bawah di System Data. Harusnya bagian akan kembali berukuran normal sekitar 5 hingga 10GB saja.

Sebagai catatan, pengaturan Reset Location & Privacy tidak akan menghapus data atau pengaturan apapun di perangkat iOS 15.

Kamu hanya perlu memberikan persetujuan ulang untuk memberikan catatan lokasi di aplikasi yang memerlukan setelah melakukna mode Reset Location & Privacy. Contohnya adalah aplikasi berbasis navigasi seperti Apple Maps atau lainnya.

Baca Juga: Update iOS 15.6 Rilis! Bawa Perbaikan Masalah Storage Selalu Penuh

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular