Follow Us

(Video) Steve Jobs Kenalkan iPhone Pertama Tepat 15 Tahun Lalu

Bagus Hernawan - Senin, 10 Januari 2022 | 16:29
Steve Jobs dan iPhone 2G

Steve Jobs dan iPhone 2G

Tanggal 9 Januari 2007 adalah hari yang pasti diingat oleh para Apple Fanboy.

Di hari tersebut tepatnya pada acara Macworld Expo di San Francisco, California, iPhone generasi pertama resmi dikenalkan.

Steve Jobs mengatakan bahwa iPhone adalah perangkat yang menggabungkan iPod dengan kendali layar sentuh, ponsel, dan perangkat komunikasi internet.

Kutipan paling bermakna dari presentasi Steve Jobs dalam acara tersebut adalah "Today, Apple is going to reinvent the phone".

Meskipun dikenalkan pada Januari 2007, perangkat iPhone belum langsung dijual saat itu juga. Apple mulai menjual iPhone pertama atau yang biasa disebut iPhone 2G pada bulan Juni.

Perangkat iPhone 2G menggunakan ukuran bentang layar 3,5 inci dengan resolusi 480x320 piksel. Kameranya hanya 2MP saja dan tidak ada kamera depan.

Desain iPhone 2G sangat revolusioner pada jaman tersebut karena gadget lain masih menggunakan stylus dan sudah menggunakan layar teknologi capacitive, di mana para pesaingnya masih menggunakan layar resistive yang kurang sensitif dan resolusi lebih rendah.

Ciri khas iPhone adalah menggunakan desain minimalis dan konsisten yaitu Home Button di tengah bawah, Mute Button di kiri bersama Volume Button dan Power Button di bagian atas.

Di masa awal banyak pengamat gadget yang meragukan iPhone dan mengatakan bahwa produk ini tidak akan sukses.

Ya, mengingat pada masa rilis awal fitur yang disediakan Apple untuk iPhone masih sangat terbatas.

iPhone 2G
Dok. MakeMac

iPhone 2G

Perangkat iPhone 2G di sistem operasi pertama tidak bisa membuat gambar tangkapan layar alias screenshot, tidak ada App Store, tidak mendukung copy paste dan beragam batasan lainnya.

Editor : MakeMac





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular