Follow Us

Jual iPhone Tanpa Charger dan EarPods, Apple Untung 90T Lebih Banyak

Bagus Hernawan - Jumat, 18 Maret 2022 | 09:44
Paket penjualan iPhone kini hanya dilengkapi kabel
Apple

Paket penjualan iPhone kini hanya dilengkapi kabel

Sejak tahun 2020 alias produk iPhone 12 series, Apple telah mengubah isi kemasan produk iPhone menjadi sangat minimalis.

Yaitu tidak menyertakan aksesoris berupa kepala charger dan juga EarPods atau earphone lightning dalam kemasan.

Menurut Apple, langkah ini dibuat untuk menyelamatkan bumi dengan mengurangi isi paket penjualan iPhone berupa aksesoris yang biasanya sudah dimiliki oleh para pengguna gadget jaman sekarang.

Namun langkah yang diambil Apple ini tidak dilanjutkan dengan pengurangan harga.

Dikutip dari Daily Mail, Apple telah mengenakan biaya £19 untuk charger atau earphone baru alias harga untuk pembelian secara terpisah.

Apple juga menjelaskan dengan box iPhone yang lebih kecil, terjadi pengurangan biaya pengiriman hingga 40%, karena ada 70% lebih banyak perangkat iPhone yang dapat dikirim dalam setiap palet atau kontainer.

Namun sekali lagi, Apple tetap tidak mengurangi harga iPhone yang sudah dijual tanpa earphone dan kepala charger tersebut.

Baca Juga: Xiaomi Ikutan Jual Smartphone Tanpa Charger Seperti iPhone 12

Box iPhone 12 Series
Apple

Box iPhone 12 Series

Masih dari laman sumber, disebutkan “Para ahli percaya bahwa setiap perangkat iPhone dengan harga hingga £1.549, dapat menghemat sekitar £27 untuk aksesoris yang tidak lagi masuk dalam paket penjualan. Analisis memperhitungkan bahwa sementara adaptor dan earphone dijual seharga £ 19, mereka jauh lebih murah untuk diproduksi.”

Analis dari CCS Insight, Ben Wood mengatakan, “Apple adalah pemimpin pasar industri telepon dalam membantu lingkungan, dengan melepas pengisi daya dan headphone salah satu dari banyak hal yang dilakukan. Tapi tentu saja ada penghematan biaya bagi Apple dalam melepas pengisi daya dan headphone saat menjual iPhone.”

Sejak menjual iPhone tanpa aksesoris power adapter dan EarPods, Apple diperkirakan telah menjual 190 juta perangkat iPhone.

Dengan angka ini diprediksi Apple telah mendapatkan keuntungan lebih banyak hingga £5 miliar atau sekitar 90 triliun Rupiah, belum termasuk dari penjualan aksesoris secara terpisah di kisaran £225 juta atau 4 triliun Rupiah.

Editor : Bagus Hernawan

Latest