Follow Us

iOS 15 Ubah Aturan iPhone Regional Jepang Seputar Silent Camera

Bagus Hernawan - Senin, 09 Mei 2022 | 10:08
iPhone 13 Pro Apple Store Jepang
Apple

iPhone 13 Pro Apple Store Jepang

Para Apple Fanboy pasti paham dengan beberapa negara yang membuat aturan khusus seputar fitur bawaan iPhone yang dibuat secara khusus.

Salah satu yang paling sering dibahas adalah iPhone dari regional Jepang yang tidak bisa melakukan silent camera alias dalam kondisi Mute Button, saat melakukan jepret kamera akan tetap mengeluarkan suara.

Fitur ini dibuat khusus untuk semua ponsel di Jepang dalam upaya pencegah foto candid atau foto sembunyi-sembunyi di tempat umum.

Hal khusus ini berlaku untuk perangkat iPhone yang dibeli di Jepang atau regional Jepang. Bisa dilihat dari bagian Settings - General - About. Jika pada bagian Model Number tertulis kode JP, itu adalah kode nomor untuk regional Jepang.

Mode tidak bisa silent camera untuk perangkat iPhone dari Jepang ini berlaku bahkan saat perangkat kamu bawa keluar dari negara tersebut.

Namun ternyata, di iOS 15 yang rilis sejak tahun lalu ada ubahan yang diberikan Apple secara diam-diam untuk fitur ini.

Pengguna perangkat iPhone regional Jepang yang sudah update ke iOS 15 dan tidak digunakan di Jepang, kini bisa menggunakan fitur silent camera seperti perangkat iPhone dari negara lainnya.

Pembahasan soal ini sempat ramai di beberapa forum seperti Apple Discussion Forum. Hal serupa juga ternyata dialami oleh beberapa Sahabat MakeMac di Instagram MakeMac dan juga ternyata telah dijelaskan oleh Renan Store, salah satu penjual perangkat iPhone di Indonesia.

Baca Juga: Ketahui Fitur iPhone yang Hilang Berdasarkan Negara Asal

Dikutip dari Tech and Cool Stuff, beberapa pengguna iPhone regional Jepang yang sudah menggunakan perangkatnya di luar negara tersebut dan update ke iOS 15, kini dapat menggunakan fitur silent camera secara normal.

All of them were not living in Japan but were using a Japanese iPhone variant. And after updating their iPhones to iOS 15, the option to mute the shutter sound became available.

Masih dari laman sumber, sepertinya iOS 15 menggunakan fitur pengenalan lokasi pengguna lewat jaringan internet atau kartu seluler yang digunakan di Jepang. Jika terdeteksi sedang ada di negara Jepang dan menggunakna iPhone dari regionalnya, fitur silent camera tidak bisa digunakan alias tetap berlaku sesuai aturan di negara itu.

Editor : Bagus Hernawan

Latest