Follow Us

Bocoran Kode Program Ungkap iPadOS 16 Mendukung Window Resizing

Bagus Hernawan - Jumat, 27 Mei 2022 | 10:15
iPad Pro M1
Apple

iPad Pro M1

Bulan depan di WWDC22, Apple akan mengenalkan sistem operasi baru yaitu iOS 16 untuk perangkat iPhone dan iPadOS 16 untuk perangkat iPad.

Dikabarkan untuk sistem operasi perangkat iPad, akan ada perubahan fitur menarik yang lama ditunggu para pengguna profesional.

Yaitu mode Window Resizing atau mengatur ukuran jendela aplikasi yang sedang dibuka, seperti di macOS atau komputer PC yang biasa kamu gunakan.

Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan multitasking secara lebih leluasa lewat mengatur ukuran jendela aplikasi sesuai kebutuhan. Mengingat selama ini mode multitasking di iPad baru terdiri dari Split View, Slide Over dan Center.

Bocoran fitur multitasking baru di iPadOS 16 ini ditemukan dari kode program WebKit yaitu engine browser untuk Safari. WebKit adalah open-source engine yang kode programnya dapat dilihat oleh siapa saja.

Baca Juga: Apple Akan Gunakan Teknologi Layar E-Ink untuk iPhone dan iPad Lipat

Steve Troughton-Smith salah satu Apple Fanboy yang sering membagikan temuan fitur baru di sistem operasi Apple, menemukan catatan di WebKit terbaru seputar mode multitasking untuk iPad.

Dia menemukan “multitasking mode” baru untuk iPadOS yang mendukung mode mengubah ukuran jendela aplikasi aktif atau sedang digunakan.

Baca Juga: Bocoran iOS 16 yang Akan Rilis di WWDC 2022, Bawa Perubahan Besar?

Dikutip dari 9To5Mac, kode program di WebKit menjelaskan bahwa pengguna nantinya dapat mengatur mode On dan Off dari “multitasking mode” tersebut.

Masih dari laman sumber, sebelumhya WebKit juga pernah menjadi acuan untuk bocoran fitur baru yang akan diusung oleh Apple untuk iOS, macOS dan iPadOS.

Namun apakah fitur ini akan dibawa oleh Apple pada iPadOS 16 atau masih sekedar uji coba sementara saja? Kita tunggu di WWDC22 tanggal 6–10 Juni mendatang ya!

Editor : Bagus Hernawan

Baca Lainnya

Latest