Apple berhasil mempertahankan dominasinya di industri smartwatch pada kuartal 1 (Q1) 2022.
Kesuksesan penjualan Apple Watch pada tahun 2021 berlanjut di awal tahun 2021 dan Apple menikmati pertumbuhan penjualan yang cukup besar.
Berdasarkan hasil riset dari Counterpoint Research,Apple Watch menjadi smartwatch yang memiliki pangsa pasar terbesar dibandingkan merk lainnya.
Riset Counterpoint Research juga mengungkapkan bahwa Apple menjual smartwatch lebih banyak dari pesaing utamanya, Samsung.
"Apple menyumbang lebih dari sepertiga dari total pengiriman tahun lalu dan itu semakin meningkatkan pengaruhnya dengan pangsa pasar 36% pada Q1 2022," ujar Associate Director Counterpoint Research, Sujeong Lim.
Baca Juga: Apple Umumkan Strap dan Watch Face Baru Apple Watch Tema Pride
Dominasi Apple Watch di industri smartwatch global dipengaruhi oleh sejumlah faktor penting.
Pertama, Apple Watch bisa laris di pasaran karena faktor loyalitas dari Apple Fanboy khususnya pengguna iPhone.
"Loyalitas merek yang tinggi dari pengguna iPhone menjadi salah satu faktor keberhasilan Apple Watch," ujar Sujeong Lim.
Kemudian, merk Apple Watch yang memiliki deain stylish dan fashionable sangat disukai oleh kalangan generasi muda.
Hal ini menjadikan popularitas Apple Watch terus bertumbuh setiap kuartalnya.