Follow Us

Apple Pindah Produksi iPad Dari Tiongkok ke Vietnam, Apa Alasannya?

Bagus Hernawan - Jumat, 03 Juni 2022 | 11:15
Apple Pencil dan iPad Air

Apple Pencil dan iPad Air

Apple dikabarkan akan memindahkan produksi iPad dari Tiongkok ke Vietnam.

Rencana ini sudah dipersiapkan sejak tahun 2020 dan 2021, namun harus tertunda akibat pandemi COVID–19.

Dikutip dari ArsTechinca, alasan rencana pemindahan produksi iPad atau produk Apple lainnya dari Tiongkok ke Vietnam adalah mencegah terjadinya gangguan produksi dan ketergantungan masalah pengiriman dari sebuah wilayah di Tiongkok.

Disebutkan juga bahwa Apple tidak ingin memindahkan semua produksinya ke Vietnam. Karena masalah seperti lockdown akibat pandemi dan gangguan lainnya juga dapat terjadi di negara dalam wilayah Asia Tenggara tersebut.

Upaya pemindahan produksi iPad ke Vietnam ini disebut sebagai langkah diversifikasi produksi yang semakin diperluas oleh Apple ke beberapa negara di luar Tiongkok.

Baca Juga: Apple Akan Gunakan Teknologi Layar E-Ink untuk iPhone dan iPad Lipat

Saat ini di Vietnam, Apple sudah melakukan produksi massal untuk perangkat AirPods. Sedangkan untuk iPhone, kini sebagian kecil sudah diproduksi di India dan beberapa tipe produk Mac diproduksi di Amerika Serikat.

Masih dari laman sumber berita, Apple meminta para pemasok untuk bersiap dalam pemindahan produksi iPad dari Tiongkok ke Vietnam.

Beberapa persiapan yang dilakukan adalah menimbun komponen tertentu seperti papan sirkuit, suku cadang mekanis dan elektronik.

“Stok ini dapat diandalkan jika penghentian dan gangguan lebih lanjut terjadi di lokasi dekat Shanghai, area yang secara historis diandalkan Apple untuk memenuhi permintaan produksi.”

Produk iPad disebut sebagai satu-satunya perangkat Apple yang mengalami penurunan penjualan dari laporan keuangan terbaru. Tim Cook menyebutkan salah satu alasan dari masalah tersebut adalah produksi iPad yang mengalami kendala.

Editor : MakeMac





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular