Follow Us

Perlukah Upgrade MacBook Air M1 ke M2?

Adham Somantrie - Kamis, 14 Juli 2022 | 12:00
MacBook Air M2
Apple

MacBook Air M2

Apple akhirnya melakukan pembaruan desain MacBook Air plus menanamkan chip Apple Silicon M2 saat peluncuran MacBook Air 2022 di WWDC 2022 lalu.

Tentunya yang namanya barang baru akan selalu menarik. Tapi apakah perlu melakukan upgrade ke MacBook Air M2 jika saat ini sudah menggunakan MacBook Air M1?

MacBook Air M2 mengusung desain baru yang mirip dengan MacBook Pro 14 maupun 16 inci. Namun yang paling menjadi fokus tentunya kehadiran chip M2, yang memiliki performa lebih baik.

Mengingat MacBook Air tidak ditujukan untuk pekerjaan berat, makanya ia tidak memiliki kipas pendingin, alasan performa ini mungkin tidak cukup terjustifikasi untuk melakukan upgrade dari MacBook Air M1 ke M2. Jika Anda membutuhkan performa, Anda akan membutuhkan prosesor M1 Pro, Max, atau bahkan Ultra.

Apple mengklaim bahwa M2 lebih cepat 1.4x dari M1. Namun selain itu, M2 mengusung lebih banyak core GPU yakni 8-core untuk spesifikasi dasar, dan 10-core GPU untuk spesifikasi yang tinggi. Sebagai perbandingan, M1 dalam MacBook Air 2020 hanya mengusung 7-core GPU saja.

Selain itu, M2 juga sudah mendukung codec ProRes secara hardware, mirip seperti M1 Pro/Max/Ultra. Walau memang MacBook Air tidak diciptakan spesifik untuk pekerjaan editing video profesional, tapi sepertinya Apple ingin menjadikan ProRes sebagai di seluruh lini produknya.

Pilihan RAM pada M2 pun lebih banyak, selain 8GB dan 16GB, M2 juga tersedia dalam varian 24GB unified memory. Tentunya ini juga berkontribusi pada kinerja MacBook Air.

Hal baru yang menarik perhatian adalah layar yang lebih besar. Jika sebelumnya hanya 13.3 inci, kini bertambah tinggi menjadi 13.6 inci. Tak banyak memang. Apalagi resolusinya pun mirip: secara horizontal masih 2560 pixel, hanya vertikalnya yang meningkat dari 1600 ke 1664 pixel. Ya, hanya bertambah 64 pixel saja. Pun, layar yang baru ini lebih cerah (500 nits vs 400 nits).

Jangan lupa pula ada “poni” di bagian tengah atas untuk “webcam” alias kamera FaceTime HD yang kini hadir dengan Full HD 1080p, telah ditingkatkan dari sebelumnya yang hanya 720p saja.

Berikutnya adalah kapasitas penyimpanan, yang masih “mentok” di ukuran 2TB. Jika Anda merasa kapasitas SSD Anda kurang besar, mungkin ini bisa jadi alasan untuk upgrade ke MacBook Air M2 dengan kapasitas yang lebih besar.

Baca Juga: Perbandingan Hasil Benchmark MacBook Air M2 dan MacBook Pro M2

Editor : Bagus Hernawan

Latest