Follow Us

Setelah 20 Tahun, Fitur Network Location Dihapus di macOS Ventura Beta

Bagus Hernawan - Senin, 15 Agustus 2022 | 06:38
macOS Ventura
Apple

macOS Ventura

Apple diam-diam telah menghapus salah satu fitur di macOS yang sudah berumur 21 tahun pada sistem operasi terbarunya yaitu macOS Ventura.

Ya, macOS Ventura yang sekarang dalam versi Beta memang hadir dengan beragam ubahan tampilan dan pengaturan pada System Preferences.

Fitur yang dihapus adalah Network Location, sebelumnya ada di bagian System Preferences - Location.

Fitur Network Location berguna untuk membantu kamu membuat beberapa pengaturan jaringan sesuai lokasi atau kebutuhan penggunaan yang berbeda, sehingga dapat diganti secara cepat.

Misalkan kamu bisa membuat Network Location untuk koneksi di rumah yang memberikan prioritas koneksi kabel LAN dan pengaturan DNS khusus. Lalu buat Network Location lain untuk di kantor yang menggunakan prioritas Wi-Fi dan pengaturan IP secara manual.

Contoh lain penggunaan fitur ini adalah melakukan debug atau pengecekan koneksi jaringan baru tanpa mengubah pengaturan jaringan lain di komputer Mac yang sedang kamu gunakan.

Baca Juga: Daftar Fitur macOS Ventura yang Hanya Ada di Mac Apple Silicon

Network Location di macOS
Apple

Network Location di macOS

Mungkin memang tidak banyak pengguna Mac yang masih menggunakan fitur ini.

Namun beberapa pengembang yang selalu menggunakan Network Location, mencoba melaporkan ini ke Apple dan berharap itu hanya bug system saja.

Dikutip dari MacRumors, Tyler Loch melaporkan masalah Network Location yang hilang di macOS Ventura ke Apple dan mendapatkan jawaban yang mengejutkan.

Menurut Apple, fitur tersebut sudah dibuat sesuai desain yang mereka kerjakan.

Editor : Bagus Hernawan

Latest