Follow Us

Instagram Bantah Rumor Viral Membagikan Lokasi Presisi Pengguna

Bagus Hernawan - Senin, 29 Agustus 2022 | 11:17
Instagram
MakeMac

Instagram

Beberapa hari lalu ramai berita mengenai rumor Instagram membagikan lokasi pengguna secara presisi, yang bisa mengundang masalah privasi data.

Sejumlah postingan viral di Instagram, Twitter atau dalam bentuk meme di sejumlah forum menyebutkan bahwa Instagram tidak menggunakan fitur catatan lokasi dengan semestinya.

Secara detail, sejumlah pengguna mengklaim bahwa ketika mereka menggunakan fitur catatan lokasi untuk tempat yang umum, Instagram malah membagikan lokasi pribadi tempat kamu sedang berada saat itu.

Misalkan saat kamu memilih catatan lokasi “Jakarta” di sebuah konten Feed untuk Instagram, postingan viral yang beredar mengklaim Instagram menunjukkan lokasi tempat kamu berada saat membagikan konten tersebut.

Hal ini dikonfirmasi oleh Adam Mosseri selaku petinggi Instagram.

Baca Juga: TikTok Bantah Salahgunakan Data Pengguna iOS via In-App Browser

Dia menjelaskan bahwa Location Services adalah pengaturan yang ada di perangkat iPhone dan bukan fitur baru yang ada di Instagram.

Postingan viral yang menyebutkan bahwa pengguna akan membagikan lokasi secara spesifik adalah hal yang salah. Kamu bisa mengatur penggunaan Location Services sesuai yang ada di perangkat iOS dan aplikasi Instagram lewat bagian pengaturan.

Untuk mengatur mode penggunaan lokasi di Instagram, kamu bisa cek di aplikasi Settings ya.

Masuk ke Settings - Instagram - Location. Di iOS 15, ada 3 pengaturan untuk penggunaan catatan lokasi yaitu tidak pernah, bertanya setiap penggunaan lokasi berikutnya dan hanya gunakan ketika membuka aplikasi.

Editor : MakeMac

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular