Follow Us

Crash Detection iPhone 14 Kira Roller Coaster Sebagai Tabrakan Mobil

Khoiruddin Yusup - Selasa, 11 Oktober 2022 | 06:51
Crash Detection di iPhone 14
Apple

Crash Detection di iPhone 14

Fitur crash detection pada pada iPhone 14 Pro baru-baru ini menjadi perbincangan karena secara tidak sengaja menyala saat beberapa pengguna menaiki roller coaster. Karenanya fitur ini secara otomatis menelepon layanan darurat 911 ketika pengguna sedang mengendarai roller coaster karena mengira itu adalah sebuah kecelakaan. Berdasarkan laporan dari Wall Street Jurnal yang dikutip oleh MacRumors, beberapa pengguna dengan iPhone 14 Pro terbaru di beberapa taman hiburan Amerika Serikat menghubungi panggilan darurat karena kesalahan crash detection. (9/10/2022)Dalam kejadian tersebuat setidaknya ada 6 panggilan layanan darurat 911 untuk kejadian yang bukan sebenarnya.

Dua diantaranya berasal dari taman hiburan Kings Island di Cincinnati, and Six Flags di New Jersey, Amerika Serikat.

Baca Juga: Apple akan Rilis Fitur Crash Detection di iPhone dan Apple Watch

Hal ini dikarenakan gerakan kencang dan tiba-tiba roller coaster memicu sensor pada fitur crash detection yang mengartikannya sebagai kecelakaan mobil. Karena kejadian ini, juru bicara Apple menyanggah bahwa pihaknya telah menguji fitur tersebut lebih dari satu juta jam data kecekakaan. Bahkan, beberapa pengujian telah dilakukan untuk menguji keakuratan fitur crash detection di iPhone 14 ini namun dengan hasil yang bervariasi. Dikutip dari MekeMac, seorang YouTuber bernama TechRax mencoba fitur crash detection pada iPhone 14 Pro ini dengan sebuah mobil kosong untuk menguji sensitivitas fitur ini.

TechRax telah membuktikan bahwa fitur crash detection tidak memerlukan tabrakan parah untuk bisa aktif karena setelah menghantamkan mobilnya fitur ini langsung aktif secara otomatis. Mobil juga tidak perlu terguling seperti pada iklan Apple, karena iPhone memiliki banyak sensor yang mendeteksi suara tabrakan mobil. Kemungkinan, suara para pengendara roller coaster dan kencangnya laju dari roller coaster tersebut membuat sensornya menjadi aktif seperti mobil yang diuji oleh TechRax.

Baca Juga: Nekat! Youtuber Uji Fitur Crash Detection iPhone 14 secara Langsung

Dilansir dari Mashable, keselahan crash detection ini nampaknya harus diperbaiki melalui update perangkat lunak.

Selain itu, sebaiknya pengguna tidak membawa smartphone saat menaiki roller coaster untuk mencegah hal serupa terjadi lagi.

Namun jika memang harus membawanya, kamu harus mengaktifkan mode pesawat sehingga tidak dapat mengaktifkan panggilan darurat.Tentunya hal ini akan menjadi bahan koreksi Apple agar kedepannya fitur ini mampu mendeteksi kecelakaan sungguhan maupun hiburan biasa seperti roller coaster. Selain pada iPhone 14 Pro, fitur crash detection ini juga hadir pada beberapa perangkat seperti ‌iPhone 14‌, Apple Watch Series 8, dan Apple Watch Ultra.

Baca Juga: Apple Watch SE 2 Meluncur: Chip S8, Crash Detection, dan Harga TerjangkauBagaimana menurut kalian sobat MakeMac mengenai kejadian crash detection ini? Tulis komentar kalian dibawah ya!

Buat kalian yang penasaran dengan info menarik seputar Apple lainnya jangan lupa pantengin terus Makemac.grid.id ya!

(*)

Source : MacRumors, Wall Street Journal, makemac.grid.id

Editor : MakeMac

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular