Follow Us

Review Mist: Download Installer dan Firmware macOS, Lengkap Banget!

Bagus Hernawan - Rabu, 22 Februari 2023 | 15:30
Mist for Mac
Mist

Mist for Mac

Apakah kamu perlu mengunduh beragam versi macOS untuk membuat flashdisk installer atau mungkin membuat arsip pribadi yang bisa dipakai untuk instal ulang jika diperlukan?

Jika iya, coba gunakan aplikasi Mist! Mist adalah aplikasi utilitas untuk membantu pengguna macOS dalam mengunduh beragam versi Firmware (untuk Mac Apple Silicon) dan Installer (Mac universal) dengan cara yang mudah dan cepat.

Kelebihan utama dari Mist adalah tidak perlu akses ke Mac App Store seperti cara yang dibuat oleh Apple di laman berikut ini.

Dengan bantuan Mist, kamu bisa akses ke server Apple dengan mudah untuk memilih jenis macOS atau bahkan kode versinya sesuai kebutuhan. Yuk kita coba ulas aplikasi Mist!

Review Mist, Download macOS Apa Saja

Sebelum ini jika ingin mengunduh macOS, saya harus akses ke Mac App Store atau cek tautannya dari Apple di halaman berikut ini.

Namun jika saya menggunakan komputer Mac yang tidak mendukung versi macOS tersebut, proses download tidak bisa saya lakukan karena dibatasi oleh Mac App Store. Sebagai contoh saya tidak bisa mengunduh macOS Ventura dengan cara di atas jika menggunakan komputer Mac yang tidak mendukung macOS Ventura.

Namun dengan Mist, hal tersebut bukan halangan lagi. Pengembang Mist membuat aplikasi ini tidak perlu akses ke Mac App Store dan tidak mendeteksi apakah komputer Mac yang kamu gunakan bisa instal versi tersebut.

Untuk download Mist, silakan cek di halaman berikut ini yaitu unduh dokumen Mist.DMG.

Setelah itu instal Mist dan berikan akses Full Disk di aplikasi System Preferences atau System Settings pada macOS Ventura.

Berikut ini tampilan utama aplikasi Mist.

Tampilan utama Mist
MakeMac

Tampilan utama Mist

Ada 2 tab utama yaitu Firmwares dan Installers. Firmwares adalah sistem operasi macOS yang dapat kamu gunakan untuk instal ulang komputer Mac lewat aplikasi Apple Configurator.

Editor : Bagus Hernawan

Latest